Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

32 Rumah Sakit Umum di Jakarta Dapat Bantuan 4.400 Test Kit Covid-19

Kompas.com - 28/04/2020, 13:16 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) atau RS Siloam memberikan 4.400 swabs, VTM, test kits dan PCR primers dan reagen kepada 32 RSU DKI untuk melawan pandemi Covid-19.

Penyerahan dilakukan oleh Wakil Direktur Utama Kelompok Siloam, Caroline Riady dan Direktur Siloam Grace Frelita kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti yang mewakili Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan hari ini, Selasa (28/4/2020) di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta.

Widyastuti berharap dukungan ini dapat membantu mengendalikan penyebaran virus corona dengan dilakukannya tes kepada lebih banyak pihak khususnya terhadap kelompok ibu sedang hamil.

Baca juga: Tinggal Dua Hari, Baru 10,13 Juta Orang Lapor SPT

“Apabila ada tindakan medis yang diperlukan pasca tes, akan dapat segera dilakukan dan dengan demikian dapat memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Widyastuti dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (28/4/2020).

Sementara itu, Grace Frelita menambahkan, SILO berperan aktif mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengoperasikan 3 RS Siloam untuk rujukan pasien Covid-19 dan memberikan fasilitas pemeriksaan Covid-19.

“Siloam meningkatkan tiga puluh persen dalam kapasitas jumlah tempat tidur dan sepenuhnya mengoperasikan tiga RS rujukan khusus Covid-19 yaitu RS Siloam Mampang (415 TT), RS Siloam Kelapa Dua (215 TT), dan RS Siloam Pal Dua (145 TT), masing masing di Jakarta, Tangerang dan Manado,” ungkap Grace.

Baca juga: Faktor Hoki, Penerima Kartu Prakerja Ditentukan Lewat Pengacakan

Saat ini laboratorium RS Siloam juga mendukung fasilitas RT-PCR (Real Time Polymerase Chain Reaction), testing dengan menjalankan empat mesin PCR dengan kapasitas berjalan 288 patient-cases atau 576 sampel pasien per hari dengan tujuan utama testing para dokter, perawat dan pekerja medis di lapangan.

Saat ini, jumlah kasus Covid-19 setiap hari yang kian bertambah, dan membutuhkan peran cepat dalam deteksi awal melalui tes yang cepat baik melalui antibody rapid test maupun RT-PCR test.

Oleh karena itu, deteksi dini memungkinkan pemberian perawatan tepat waktu, khusus pada titik awal serangan Covid-19, sebelum serangan dasyat terjadi terhadap paru-paru. Pada akhirnya deteksi dini dan tepat waktu akan meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi angka kematian.

Baca juga: Panduan Cara Mencairkan Dana Insentif Kartu Prakerja di ATM

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com