KILAS

Agar Tak Senjang Literasi Digital, Grab Latih Mitra Pengemudi Bersama Microsoft

Kompas.com - 30/04/2020, 15:34 WIB
Menyambut Hari Pendidikan Nasional, Grab perkuat komitmennya untuk menjembatani kesenjangan keterampilan teknologi melalui pelatihan literasi digital kepada mitra pengemudi Grab Indonesia di 234 kota. Grab IndonesiaMenyambut Hari Pendidikan Nasional, Grab perkuat komitmennya untuk menjembatani kesenjangan keterampilan teknologi melalui pelatihan literasi digital kepada mitra pengemudi Grab Indonesia di 234 kota.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perekonomian global kini memasuki tahap revolusi industri keempat atau sering dikenal dengan istilah industry 4.0. Pada tahap ini, teknologi punya peran krusial.

Studi McKinsey menunjukkan, pada 2030, 14 persen tenaga kerja global mungkin perlu mengganti kategori pekerjaannya. Hal ini dikarenakan digitalisasi, otomasi, dan kecerdasan buatan akan mendisrupsi dunia kerja.

Menyambut hal itu, Grab Indonesia menggandeng Microsoft untuk memangkas kesenjangan keterampilan digital dan teknologi.

Hal tersebut diwujudkan melalui program-program yang dirancang khusus bagi mitra pengemudi Grab melalui GrabAcademy.

Baca juga: Terdampak Pandemi, Ini Upaya Grab Sejahterakan Mitra Pengemudi

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan, keterampilan digital (digital skills) jadi hal yang sangat penting agar bisa bersaing. Hal itu sejalan dengan Misi GrabForGood untuk membawa dampak positif dari teknologi.

"GrabAcademy bersama dengan Microsoft, menyelenggarakan program pelatihan online di mana para mitra pengemudi Grab dapat mengakses dan mengikuti program sertifikasi literasi digital milik Microsoft melalui GrabAcademy dalam aplikasi mitra pengemudi," kata Neneng dalam keterangan tertulis, Kamis (30/4/2020).

Hingga April 2020, sudah lebih dari 379.000 mitra pengemudi Grab dari berbagai kota di Indonesia yang menyelesaikan pelatihan online literasi digital dari Microsoft untuk Subjek 1.

"Pelatihan yang dapat mereka ikuti mencakup topik-topik seperti ilmu komputer dasar, cara menggunakan internet dan perangkat lunak penunjang produktivitas," terang Neneng.

Baca juga: Grab Gelar Ramadan Challenge, Tantangan Berhadiah untuk Pengguna Setia

Pihaknya pun berharap hal tersebut dapat memberikan mitra pengemudi keterampilan teknologi yang dibutuhkan, agar dapat berkembang dalam ekonomi digital.

“Kami mengundang lebih banyak mitra pengemudi Grab untuk terus memanfaatkan pelatihan online GrabAcademy dan memperkaya pengetahuan mereka," ujar Neneng.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X