Kuartal I 2020, Kinerja Bongkar Muat di Terminal Peti Kemas Belawan Meningkat

Kompas.com - 02/05/2020, 04:30 WIB
Terminal Peti Kemas Belawan, Sumatera Utara. Dok PELINDO ITerminal Peti Kemas Belawan, Sumatera Utara.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) melaporkan kinerja bongkar muat barang di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, Sumatera Utara. Kinerja ini antara lain terlihat pada kenaikan trafik.

Pelindo I melaporkan, arus kunjungan kapal selama Januari hingga Maret tahun 2020 sebanyak 218 call, yang meliputi terminal internasional dan domestik.

Sementara itu, bongkar muat barang peti kemas selama periode kuartal I 2020 sebanyak 211.026 boks. Angka ini meningkat bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019, yakni 208.843 boks.

Baca juga: Pelindo I Bentuk Terminal Peti Kemas di Belawan

Angka tersebut merupakan jumlah bongkar muat peti kemas di dua cabang, yakni Belawan International Container Terminal (BICT) dan Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB).

Realisasi bongkar muat tersebut setara dengan 267.456 TEUs, meningkat dibandingkan pada kuartal I 2019 yang sebesar 265.975 TEUs.

General Manager TPK Belawan Indra Pamulihan menyatakan, peningkatan arus bongkar muat di TPK Belawan untuk kuartal I tahun 2020 menunjukkan pertumbuhan yang positif.

“TPK Belawan mencatatkan realisasi bongkar muat barang selama periode kuartal I sebesar 3.600.256 ton di terminal internasional dan domestik yang naik 0,36 persen dibandingkan dengan realisasi kuartal I tahun 2019 yang sebesar 3.473.627 ton," kata Indra dalam keterangan tertulis, Jumat (1/5/2020).

Baca juga: Dulu Urus Dokumen di Pelabuhan Belawan Bisa 3 Jam, Sekarang Cuma 5 Menit

Indra menjelaskan, selama periode Januari hingga Maret 2020, trafik bongkar muat di TPK Belawan cenderung meningkat di terminal domestik, sedangkan untuk terminal internasional sedikit menurun di bulan Februari, namun mulai meningkat kembali di bulan Maret.

"Sehingga, kami optimis ke depannya trafik bongkar muat peti kemas di TPK Belawan akan menunjukkan tren positif," jelas Indra.

TPK Belawan memiliki dua terminal: terminal A untuk pelayanan internasional dan terminal B untuk pelayanan domestik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X