Di Tengah Pandemi, Jasa Marga: Tidak Ada Penghentian Proyek

Kompas.com - 04/05/2020, 11:07 WIB
Salah satu ruas tol yang berhasil dibuka oleh Jasa Marga. Dok. Jasa MargaSalah satu ruas tol yang berhasil dibuka oleh Jasa Marga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pengembangan PT Jasa Marga (Persero) Adrian Priohutomo mengatakan, di masa pandemi virus corona (Covid-19), sejumlah proyek jalan tol baru akan tetap selesai konstruksi sesuai target di tahun ini.

Di antaranya adalah bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR 2), Jalan Tol Cinere-Serpong, Jalan Tol Kunciran-Cengkareng, dan Jalan Tol Manado-Bitung.

“Selain itu kami juga menargetkan penyelesaian konstruksi beberapa jalan tol yang sudah beroperasi sebagian, seperti Jalan Tol BORR Seksi IIIA Sp. Yasmin-Semplak serta Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi I Km 13-Samboja dan Seksi V Km 13-Sepinggan,” jelas Adrian melalui keterangan tertulis, Senin (4/5/2020).

Baca juga: Tutup Tol Layang Japek, Jasa Marga: Taati Larangan Mudik

Jasa Marga akan terus meningkatkan pelayanan konstruksi serta pengelolaan jalan tol di seluruh Indonesia yang tujuannya mendukung fungsi strategis sebagai penghubung antarwilayah dan penggerak ekonomi untuk mempercepat distribusi barang dan orang.

Dia menegaskan pihaknya tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan dan proyek sesuai dengan Instruksi Menteri PUPR nomor 02/IN/M/2020 tanggal 27 Maret 2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

“Prinsipnya, tidak ada penghentian proyek. Meski kecepatan penyelesaian pekerjaan terpengaruh akibat Covid-19. Namun, kami terus melaksanakan pekerjaan di lapangan dengan melaksanakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor anak perusahaan dan proyek jalan tol sesuai dengan protokol kesehatan," ujarnya.

Adrian juga menjelaskan bahwa dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan anak perusahaan dan proyek jalan tol, Jasa Marga melakukan beberapa hal di antaranya, yaitu membentuk Satuan Tugas Pencegahan Covid-19, penyediaan fasilitas pencegahan Covid-19 dan pelaksanaan edukasi untuk menjaga diri dari Covid-19.

“Dalam pekerjaan harian pun, Jasa Marga memastikan adanya pengukuran suhu tubuh secara rutin bagi semua orang yang berada di lingkungan proyek, menerapkan prinsip physical distancing, serta penyemprotan disinfektan pada sarana dan prasarana kantor dan lapangan,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Adrian juga memastikan setiap proyek menerapkan protokol tindakan isolasi hingga kerja sama penanganan suspect Covid-19 dengan rumah sakit dan puskesmas setempat.

Baca juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, Ekspor Pertanian RI Naik Rp 12 Triliun



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X