Kompas.com - 14/05/2020, 07:29 WIB
Ilustrasi: Drum minyak Thinkstockphotos.comIlustrasi: Drum minyak

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia ditutup melemah pada perdagangan Rabu (13/5/2020). Pelemahan ini diluar dugaan pasar, sebab pasokan minyak di salah satu negara pemasok terbesar, Amerika Serikat, justru alami penyusutan.

Dikutip dari MarketWatch, Kamis (14/5/2020), harga minyak mentah dunia jenis West Texas Intermediate (WTI) pengiriman Juni melemah 0,49 dollar AS atau 1,9 persen ke level 25,29 dollar AS per barel.

Pelemahan juga dialami harga minyak mentah acuan global, Brent, pengiriman Juli turun 0,79 dollar AS atau 2,6 persen ke level 29,19 dollar AS per barel.

Badan Administrasi Informasi Energi AS melaporkan, pasokan mingguan minyak mentah sampai dengan 8 Mei 2020 menyusut sebesar 700.000 barel.

Baca juga: Harga Minyak Naik Lagi, Ini Penyebabnya

Penyusutan tersebut mematahkan proyeksi berbagai analis pasar yang menyebutkan pasokan minyak mentah AS akan terus tumbuh. Sebelumnya, S&P Global Platts memproyeksikan pasokan minyak AS akan tumbuh hingga sekitar 4,8 juta barel.

Tercatat sampai dengan akhir pekan lalu, stok minyak mentah di fasilitas penyimpanan Cushing, Oklahoma, merosot hingga 3 juta barel menjadi 62,4 juta barel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga minyak WTI sempat berada di level negatif pada akhir bulan lalu, dimana hal tersebut diakibatkan menipisnya kapasitas penyimpanan minyak mentah di fasilitas tangki AS.

Meski alami pelemahan, analis memproyeksikan pergerakan harga minyak mentah dunia cenderung akan terus mengalami penguatan ke depannya. Ini didorong permintaan yang kembali merangkak naik.

"Seperti yang telah kita lihat sejumlah negara bagian mulai membuka kembali wilayahnya, permintaan bensin akan tumbuh dengan cepat," kata Managing Member Tyche Capital Advisor, Tariq Zahi, dikutip dari MarketWatch, Kamis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.