Ojol Angkut Penumpang Lagi, Gojek Aktifkan Layanan GoRide

Kompas.com - 08/06/2020, 06:03 WIB
Ilustrasi Gojek ShutterstockIlustrasi Gojek

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan GoRide atau angkut penumpang dengan menggunakan ojek online ( ojol) di aplikasi Gojek kembali bisa diakses oleh masyarakat DKI Jakarta.

Fitur ini kembali muncul setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memperbolehkan ojol untuk kembali beroperasi pada periode pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi, mulai hari ini, Senin (8/6/2020).

Berdasarkan hasil pantauan Kompas.com, layanan GoRide sudah dapat kembali digunakan oleh pengguna yang berada di wilayah zona hijau dan zona kuning DKI Jakarta.

"Sementara di wilayah zona merah, GoRide akan tetap tidak diaktifkan baik untuk mengangkut atau menurunkan penumpang," tulis manajemen Gojek, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin.

Berbagai prosedur dan imbauan telah disiapkan Gojek, agar driver ataupun penumpang dapat mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

Bagi mitra driver diwajibkan untuk menggunakan masker, sarung tangan, dan hand sanitizer sebagai syarat untuk menjalankan order, sesuai dengan peraturan pemerintah.

Sementara itu, bagi penumpang diwajibkan untuk menggunakan masker, tidak melakukan kontak dengan driver, tidak menyentuh muka selama berkendara, dan dianjurkan untuk sebisa mungkin tidak menggunakan uang tunai dalam setiap transaksi.

Kemudian, penumpang juga dihimbau untuk membawa helm sendiri. Jika tidak, penumpang diminta untuk menyemprotkan cairan disinfektan dan menggunakan hand sanitizer sebelum mengenakan helm.

Sebagai informasi, keputusan Pemprov DKI Jakarta untuk memperbolehkan ojol mengangkut penumpang diatur dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Nomor 105 Tahun 2020 tentang Pengendalian Sektor Transportasi untuk Pencegahan Covid-19 di Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif.

"Kendaraan non-umum seperti ojek dan mobil itu bisa beroperasi dengan protokol Covid-19," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (4/6/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X