Siloam Sediakan Tes Covid-19 Serologi Antibodi, Harganya Tak Sampai Rp 200.000

Kompas.com - 11/06/2020, 13:06 WIB
Ilustrasi Corona KOMPAS.COM/HANDOUTIlustrasi Corona

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) atau yang dikenal dengan RS Siloam meluncurkan metode tes Covid-19 dengan nama tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab (atau tes serologi antibodi).

Tes ini tersedia di jaringan RS Siloam di seluruh Indonesia dengan harga Rp 109.000 sampai dengan Rp 199.000. Sebagai rinciannya, harga Rp 109.000 untuk paket tes 100 orang. Harga Rp 139.000 untuk paket tes 10 orang datang langsung dan harga Rp 199.000 untuk tes yang dilakukan secara personal.

Wakil Direktur Utama Siloam Hospitals Group Caroline Riady mengatakan, keunggulan tes serologi antibodi adalah memiliki tingkat sensitivitas hingga 100 persen dan spesifisitas lebih dari 99,81 persen.

Baca juga: Kasus Baru Covid-19 Berkurang, Thailand Bakal Izinkan Konser hingga Taman Hiburan

Pengadaan tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab ini juga merupakan hasil kerja sama dengan Roche, perusahaan global yang bergerak di bidang farmasi dan diagnostik.

“Dalam pelonggaran PSBB, setiap individu dan perusahaan tetap perlu memperhatikan prinsip-prinsip hidup bersih dan sehat dalam semua kegiatan, agar seluruh masyarakat tetap aman. Salah satu langkah preventif yang penting adalah pelaksanaan skrining tes serologi antibodi yang terjangkau,” kata Caroline dalam siaran pers, dikutip Kamis (11/6/2020).

Tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab ini juga merupakan tes antibodi total yang relatif cepat dan berakurasi tinggi yang dapat dilakukan baik di rumah sakit maupun di luar rumah sakit (mobile testing atau onsite/di tempat).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sama seperti tes rapid, tes serologi antibodi ini mendeteksi antibodi seseorang untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi oleh SARS-CoV-2 atau belum. Namun, tes serologi antibodi tersebut adalah tes yang pengerjaan dan deteksinya dikerjakan oleh instrumen robotik. Hal ini membuat sensitivitas dari tes lebih baik yaitu hingga 100 persen. Sehingga hampir tidak ada kasus positif yang tidak terdeteksi.

Selain sensitivitas yang tinggi, keunggulan lain dari tes serologi antibodi ini adalah tingkat spesifisitas lebih dari 99,81 persen dan tanpa gangguan atau cross reaksi dari virus flu biasa dan coronavirus lain selain SARS-CoV-2.

“Dengan demikian, tes ini betul- betul dapat memastikan antibodi yang timbul adalah paparan dari SARS-CoV-2 atau Covid-19,” ungkap dia.

Menurut dia, tes serologi antibodi ini telah diakui oleh CE (Conformite Europene), FDA EUA (Emergency Use Authorization), dan NHS serta digunakan di Amerika Serikat, Australia, Eropa, Inggris, dan Singapura.

Baca juga: New Normal, Bos Garuda Usul Penumpang Pesawat Hanya Diwajibkan Rapid Test

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.