Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Urus Investasi, Luhut: Enggak Ada yang Perlu Diperebutkan...

Kompas.com - 22/06/2020, 13:34 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membahas kewenangannya di bidang investasi di hadapan Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

Hal tersebut dia sampaikan saat rapat kerja antara pemerintah dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI saat rapat kerja di Jakarta, Senin (22/6/2020).

Luhut mengatakan, ia sudah bagi-bagi tugas dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto terkait investasi.

"Investasi ini hampir mencakup semua lini. Tapi kami dengan Pak Airlangga pintar, pintar bagi-bagi (tugas). Karena enggak ada yang perlu diperebutkan pekerjaan itu," ujarnya.

Baca juga: Bappenas: Jumlah Tes Covid-19 di Indonesia Sangat Rendah

Meski investasi jadi ranah tanggungjawab dua kementerian koordinator, Luhut mengaku terus berkoordinasi dengan Menko Perekonomian.

"Tapi kami pikir, pembagian pekerjaan antara Pak Airlangga dengan saya sampai hari ini berjalan sangat baik. Jadi Sesmenko juga mengkoordinasikan. Karena berhimpit begini, happy-nya mana silahkan ambil," ucapnya.

Luhut menilai koordinasi yang berjalan baik sangat penting sehingga bidang investasi tidak menjadi rebutan. Hal itu kata dia, sekaligus menghindari tugas antar dua kemenko agar tidak saling tumpang tindih.

Baca juga: Luhut: Bank Dunia Mengapresiasi Pengelolaan Utang Indonesia

Luhut mencontohkan, ia dan Airlangga sepakat sektor Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) juga jadi tanggung jawab Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

"UMKM ini harusnya tempat Pak Airlangga, tapi tiba-tiba karena tadi Bekraf melaju ke situ (UMKM), akhirnya kami sepakati (di Kemenko Kemaritiman dan Investasi)," katanya.

Baca juga: Mengenal Gobog, Uang yang Berlaku di Era Majapahit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com