CSIS: Kontribusi Grab ke Ekonomi Nasional Rp 77 Triliun

Kompas.com - 25/06/2020, 14:05 WIB
Ilustrasi Grab Instagram @GrabIdIlustrasi Grab
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyebutkan, adanya peningkatan kontribusi perekonomian nasional pada tahun 2019 dari aplikasi ride hailing, Grab.

Kepala Departemen Ekonomi CSIS Yose Rizal mengatakan, kontribusi Grab terhadap perekonomian nasional sepanjang tahun lalu mencapai Rp 77,4 triliun. Kontribusi tersebut disumbang dari berbagai fitur yang dimilik Grab, yakni GrabBike, GrabCar, GrabFood, hingga GrabKios.

"Ini ada kenaikan besar dari Rp 48 triliun pada tahun 2018," katanya dalam diskusi virtual, Kamis (25/6/2020).

Baca juga: Ada Pandemi Covid-19, Profesi Driver Ojek Online Masih Diminati

Lebih lanjut, Yose menjelaskan, GrabFood menjadi fitur dengan kontribusi terbesar, yakni Rp 37,27 triliun, meningkat dari tahun sebelumnya sebesar Rp 20,84 triliun.

Kemudian, posisi kedua ditempati fitur GrabBike, dengan kontribusi sebesar Rp 26,2 triliun, meningkat dari sebelumnya Rp 15,7 triliun. Lalu, fitur GrabCar memberikan kontribusi sebesar Rp 10,8 triliun, meningkat dari tahun sebelumnya Rp 9,7 triliun.

Terakhir, fitur GrabKios yang menyumbangkan Rp 3,14 triliun.

Baca juga: 2 Ciri UMKM yang Bisa Bertahan di Tengah Pandemi

Menurut Yose, peningkatan kontribusi tersebut disebabkan adanya perbaikan persepsi konsumen, sehingga mempengaruhi permintaan layanan Grab.

"Persepsi konsumen terhadap pelayanan dari Grab ternyata cukup baik sekali. Misalnya untuk GrabBike 87 persen dari konsumen Grab merasa mereka bisa mempersingkat waktu tempuh mereka," kata Yose.

Baca juga: Maskapai Australia Qantas Bakal PHK 6.000 Pegawai



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X