Nasabah Jiwasraya: Apa Pun Skemanya, Kembalikan Uang Kami

Kompas.com - 08/07/2020, 13:01 WIB
Warga melintas di depan kantor Asuransi Jiwasraya di Jalan Juanda, Jakarta, Rabu (11/12/2019). Pemerintah sudah memiliki skenario untuk menangani masalah kekurangan modal PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yakni dengan cara pembentukan holding asuransi atau penerbitan obligasi subordinasi atau mandatory convertible bond (MCB) dan pembentukan anak usaha PT Jiwasraya Putra. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj. ANTARAFOTO/GALIH PRADIPTAWarga melintas di depan kantor Asuransi Jiwasraya di Jalan Juanda, Jakarta, Rabu (11/12/2019). Pemerintah sudah memiliki skenario untuk menangani masalah kekurangan modal PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yakni dengan cara pembentukan holding asuransi atau penerbitan obligasi subordinasi atau mandatory convertible bond (MCB) dan pembentukan anak usaha PT Jiwasraya Putra. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang mempersiapkan pembentukan Nusantara Life di bawah Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). Ini merupakan bagian restrukturisasi polis Asuransi Jiwasraya.

Menanggapi rencana tersebut, pemegang polis Jiwasraya tampak dingin. Nasabah asal Korea, Lee Kang Hyun, menyatakan, apa pun skema penyelamatan, yang penting bagi dia adalah Jiwasraya memenuhi kewajibannya.

"(Apa pun skemanya) Yang penting kembalikan uang secepatnya. Sudah lewat hampir dua tahun. Semua nasabah menderita sekali," tandas Lee, seperti dikutip Kontan.co.id, Selasa (7/7/2020).

Baca juga: Meraba Akhir Riwayat Jiwasraya...

Wajar jika pemegang polis tampak pesimisits. Sebelumnya, penjualan aset dan Jiwasraya Putra belum menyelesaikan kasus ini

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, pembentukan Nusantara Life masih dibahas dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Nantinya Nusantara Life akan menjadi perusahaan yang akan membawa polis-polis Jiwasraya yang telah direstrukturisasi.

Baca juga: Restrukturisasi Polis Jiwasraya, Negosiasi dengan Nasabah Dimulai Agustus 2020

"Kami tadi di DPR juga usulkan opsi-opsi restrukturisasi baik untuk polis tradisional maupun polis saving plan," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Sementara untuk memastikan Nusantara Life sehat, ketentuan bunga juga ikut diturunkan.

"Kami juga akan melakukan perubahan-perubahan sebagai contoh, saat ini banyak polis yang bunganya tinggi-tinggi hingga 13 persen. Kita harus turunkan menjadi 6 persen-7 persen dan sebagainya," terangnya. (Reporter: Ferrika Sari | Editor: Ahmad Febrian)

Baca juga: Pemerintah Akan Tutup Jiwasraya

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Nusantara Life gantikan Jiwasraya, nasabah: apapun skemanya, kembalikan uang kami!



Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X