Rupiah Hari Ini Diperkirakan Masih Melemah

Kompas.com - 17/07/2020, 10:13 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot Jumat (17/7/2020), diperkirakan akan kembali mengalami pelemahan.  Kemarin rupiah ditutup melemah ke posisi Rp 14.626 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, mata uang garuda berpotensi melemah seiring dengan adanya sentimen negatif di pasar keuangan.

Rupiah hari ini berpotensi melemah karena tekanan yang terjadi pada aset-aset berisiko seperti pada indeks saham Asia. Selain itu, nilai tukar regional masih melemah terhadap dollar AS,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Bank Dunia Proyeksi Ekonomi RI Tak Tumbuh, Penduduk Miskin Naik 8 Juta

Selain itu, kekhawatiran juga masih belum lepas di pasar keuangan karena memburuknya hubungan AS dan China dengan terus meningkatnya penularan virus Covid-19 yang dapat menghambat pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung.

“Sentimen tersebut bisa mendorong pelemahan rupiah hari ini meskipun BI kembali melonggarkan kebijakan moneternya untuk membantu pemulihan ekonomi Indonesia,” jelas dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada level Rp 14.750 per dollar AS sampai dengan Rp 14.500 per dollar AS.

Berdasarkan data Bloomberg pukul 09.44 WIB, rupiah terpuruk ke posisi Rp 14.725 per dollar AS, atau melemah 0,68 persen dibandingkan penutupan kemarin.

Baca juga: IHSG Ditutup Menguat, Rupiah Masih Loyo



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X