OJK: Kinerja Saham Turun 18,8 Persen, tetapi Lebih Baik ketimbang Filipina

Kompas.com - 22/07/2020, 16:21 WIB
Ilustrasi saham KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIIlustrasi saham

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) mencatat kinerja pasar modal dalam Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) masih menunjukkan pelemahan sepanjang 2020. Hingga 21 Juli 2020, IHSG masih turun sebesar 18,8 persen (year to date/ytd).

Plt Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II Yunita Linda Sari mengatakan, penurunan kinerja saham merupakan yang kedua terbesar setelah Filipina.

"Dibandingkan negara lain, Indonesia termasuk yang paling besar nomor 2 setelah Filipina dalam penurunan indeksnya (Indeks Harga Saham Gabungan/IHSG)," kata Yunita dalam konferensi video, Rabu (22/7/2020).

Baca juga: IHSG Sore Ini Ditutup Berada di Zona Merah

Yunita menuturkan, penurunan juga terlihat dari sisi kapitalisasi pasar. Net buy atau net sell per 17 Juli turun sebesar 17,40 persen (ytd) dan 1,75 persen (month to date/mtd).

Sementara itu, perdagangan efek yang bersifat utang dan sukuk masih mengalami kenaikan. Sepanjang 2020, terjadi kenaikan 5 persen, meski kenaikan secara bulanan maupun mingguan agak lebih kecil.

Kemudian, kondisi di industri pengelolaan investasi telah mencatat kenaikan jangka pendek sebesar 3,5 persen (mtd) dan 0,1 persen (wtd). Meski demikian, sepanjang 2020 masih turun sekitar 7,91 persen.

"Dalam jangka pendek walau performa sepanjang 2020 masih menurun, tapi dalam jangka pendek masih menunjukkan peningkatan. Pengembangan produk juga ada sedikit penurunan. Tapi, dari sinyal-sinyal tadi, kita punya optimisme sedikit lebih baik," papar Yunita.

Selanjutnya, 77 persen emiten yang menyampaikan laporan keuangan tahun 2019 masih membukukan laba. Di kuartal I-2020, 70 persen emiten masih membukukan laba, meski 58 persen di antaranya menunjukkan kinerja yang sedikit menurun.

"Adapun sampai 10 Juli tahun ini, kita sudah menambah emiten baru sebanyak 27 emiten, walau nilai penawaran umumnya agak turun," pungkas Yunita.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X