Salip Warren Buffett, Pengusaha India Ini Jadi Orang Terkaya Ke-5 di Dunia

Kompas.com - 27/07/2020, 10:39 WIB
Pengusaha Mukesh Ambani dan istrinya, Nita. MirrorPengusaha Mukesh Ambani dan istrinya, Nita.

NEW YORK, KOMPAS.com - Mukesh Ambani, miliarder asal India, kembali menjadi orang terkaya se-Asia. Ini sekaligus membawanya menjadi orang ke-5 terkaya di dunia, menyalip posisi Warren Buffett.

Mengutip Bloomberg, Senin (27/7/2020), Ambani yang merupakan pemilik Reliance Industries Ltd., memiliki kekayaan bersih senilai 80,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.173 triliun (kurs Rp 14.500 per dollar AS), menurut Bloomberg Billionaires Index.

Nilai itu lebih tinggi 7,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 105,8 triliun, dari kekayaan bersih Buffett yang tercatat sebesar 73,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.067,2 triliun.

Baca juga: Kekayaannya Naik Rp 74 Triliun, Elon Musk Jadi Orang Terkaya ke-5 Dunia

Hal tersebut membuat Buffett, pemilik perusahaan investasi Berkshire Hathaway Inc., kini berada satu tingkat di bawah Ambani atau di posisi ke-6 sebagai orang terkaya di dunia.

Pundi-pundi kekayaan Ambani terus bertambah seiring dengan meningkatkan harga saham Reliance, yang naik lebih dari dua kali lipat sejak Maret 2020. Investor kian tertarik dengan Reliance, ketika unit digitalnya menerima banyak suntikan dana dari perusahaan besar.

Reliance Jio Infocomm Ltd., anak usaha yang bergerak di bidang telekomunikasi, baru-baru ini mendapatkan investasi dengan total lebih dari 15 miliar dollar AS atau sekitar Rp 217,5 triliun.

Di antaranya, ada Facebook Inc yang pada April 2020 berinvestasi senilai 5,7 milliar dollar AS atau sekitar Rp 82,6 triliun. Kemudian investasi dari Mubadala, perusahaan asal Uni Emirat Arab senilai 1,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 17, 4 triliun.

Lalu ada Silver Lake Partners, yang setuju untuk berinvestasi senilai 602 juta dollar AS atau sekitar Rp 8,7 triliun. Terbaru, pada 15 Juli 2020 perusahaan kembali mendapat investasi senilai 4,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 82,6 triliun dari Google.

Kekayaan Ambani yang terus melonjak itu membuat dirinya masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia, menjadi satu-satunya taipan Asia yang masuk dalam daftar tersebut.

Sementara, kekayaan Buffett memang menurun setelah ia memberikan 2,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 42 triliun untuk amal pada pekan kemarin.

Pria berusia 89 tahun ini juga turun peringkat di daftar orang terkaya di dunia, setelah sejak 2006 telah menyumbangkan kekayaannya dari saham Berkshire Hathaway senilai 37 miliar dollar AS atau sekitar Rp 536,5 triliun.

Baca juga: Ternyata Ini yang Bikin Orang Kaya Makin Kaya



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X