Subsidi Gaji, 5,4 Juta Pekerja Telah Laporkan Nomor Rekening

Kompas.com - 12/08/2020, 15:06 WIB
Ilustrasi gaji, rupiah, pesangon ShutterstockIlustrasi gaji, rupiah, pesangon

JAKARTA, KOMPAS - Deputi Direktur Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek Irvansyah Utoh Banja mengatakan, sudah ada 5,4 juta pekerja swasta yang telah melaporkan nomor rekeningnya.

Hal ini sebagai syarat untuk mendapatkan subsidi gaji dari pemerintah yang akan disalurkan langsung kepada pekerja/buruh swasta maupun pegawai honorer dengan penghasilan di bawah Rp 5 juta.

"Update pagi ini sudah 5,4 juta pekerja yang memberikan nomor rekeningnya," katanya kepada Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

Baca juga: Pekerja yang Tunggak Iuran BP Jamsostek Tetap Dapat Subsidi Gaji

Lebih lanjut kata dia, pihak BP Jamsostek telah menginformasikan kepada Departemen Sumber Daya Manusia atau HRD perusahaan yang ditugaskan untuk mengumpulkan nomor rekening bank para pekerja yang sesuai klasifikasi pemerintah dalam pemberian subsidi gaji.

"Saat ini BP Jamsostek dalam proses mengumpulkan data nomor rekening peserta yang memenuhi kriteria dimaksud melalui kantor cabang di seluruh Indonesia. Diharapkan pemberi kerja (perusahaan) dan tenaga kerja ikut proaktif menyampaikan data nomor rekening dimaksud sesuai skema dan kriteria pemerintah," katanya.

Dijelaskan kembali, data yang disampaikan BP Jamsostek kepada pemerintah merupakan data peserta aktif dengan upah di bawah Rp 5 juta, berdasarkan upah pekerja yang dilaporkan dan tercatat.

"Pemerintah juga akan melakukan validasi ulang terkait data yang disampaikan oleh BP Jamsostek untuk memastikan bantuan ini tepat sasaran. Hal ini dilakukan karena sumber dana bantuan subsidi gaji ini berasal dari alokasi anggaran dari pemerintah," ujarnya.

Baca juga: Subsidi Gaji Tidak Diberikan untuk Peserta Kartu Prakerja

Sebagai informasi, pemerintah akan menyalurkan bantuan subsidi gaji sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.

Bantuan subsidi gaji tersebut diupayakan akan disalurkan pada Agustus ini apabila 15 juta lebih pekerja yang terdata di BPJamsostek telah melaporkan nomor rekeningnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X