Kemenkop UKM:1,4 Juta UMKM Sudah Go Digital

Kompas.com - 12/08/2020, 14:41 WIB
Ilustrasi UMKM produksi masker non medis. ShutterstockIlustrasi UMKM produksi masker non medis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM Victoria Simanungkalit menyatakan, hingga saat ini tercatat ada sebanyak 1,4 juta pelaku UMKM yang sudah masuk ke ranah digital.

Dengan begitu kata dia target yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebanyak 2 juta pelaku UMKM yang harus masuk ke digital di tahun ini bisa tercapai.

"Puji syukur sampai bulan ini ada sebanyak 1,4 juta pelaku UMKM yang sudah Go Digital, artinya target yang 2 juta pelaku UMKM dari pemerintah harus bisa masuk digital di tahun 2020 itu bisa kita capai, bahkan harus bisa kita lewati," ujarnya dalam diskusi Shopee Bersama UMKM yang disiarkan secara virtual, Rabu (12/8/2020).

Baca juga: idEA Dorong Pelaku UMKM Terjun ke Ranah Digital

Selain itu, Victoria menyebut, dari bulan Mei ketika target ini diberikan, pertumbuhan jumlah pelaku UMKM yang masuk ke digital, lambat laun naik signifikan.

Sebab, kata dia, banyak pelaku UMKM yang mengaku benar-benar menikmati manfaat dari penggunaan digitalisasi, sehingga para pelaku UMKM banyak yang mengajak pelaku UMKM lainnya agar mau ikut bergabung.

"Banyak mereka yang menceritakan testimoni-testimoni dari manfaat digital ini dan mereka benar-benar menikmatinya. Jadi saya rasa karena testimoni ini pelaku UMKM yang lainnya merasa tertarik untuk bergabung," jelasnya.

Dia juga mengatakan pihaknya membuka kesempatan seluas-seluasnya kepada siapapun termasuk platform e-commerce yang ingin bergabung dan berkolaborasi untuk mau membantu dalam mengembangkan para UMKM.

Baca juga: Gojek Dorong UMKM Go Digital

Dengan begitu dia berharap ekonomi Indonesia bisa kembali berputar dan Indonesia bisa terbebas dari resesi.

"Kami selalu mendorong dan mendukung agar UMKM untuk terus bergerak aktif, makanya kami di Kemenkop selalu membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapapun yang mau berkolaborasi untuk bergabung menggerakkan bersama UMKM kita sehingga kita bisa jauh dari resesi," ucap dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X