Ini Kategori Produk yang Paling Banyak Diincar di Online Shop

Kompas.com - 19/08/2020, 13:54 WIB
Ilustrasi belanja online shutterstockIlustrasi belanja online

JAKARTA, KOMPAS.com - Marketing Director Kantar Indonesia Fanny Murhayati menyatakan semenjak mewabahnya pandemi banyak masyarakat yang mulai berbelanja secara online.

Ia menyebutkan, kategori produk yang diincar di marketplace atau online shop pun beragam jenis, mulai dari makanan minuman atau kebutuhan primer lainnya.

"Namun untuk kategori yang paling banyak dibeli itu produk fahsion dan beauty, aksesoris, gadget, food, kids and baby. Masih tinggi penjualannya kita lihat," ujarnya dalam webinar Lazada bertajuk Konsumen Pintar Jeli Pilih Tempat Belanja Yang Pas yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Shopee: Terjadi Lonjakan Transaksi Belanja Online di Malam Hari

Menurutnya dari semua kategori yang paling diincar di marketplace ini, kategori makananlah yang permintaanya masih paling tinggi. Sebab, kata dia, sekalipun kategori food adalah kebutuhan pokok atau primer, tingkat kepercayaan orang untuk membelinya di online shop tidak berkurang sama sekali alias meningkat.

Di sisi lain Fanny juga mengatakan selama mewabahnya pandemi Covid-19 aktivitas masyarakat dalam menggunakan media sosial juga meningkat.

Aktivitas yang dilakukan pun beragam, mulai dari melakukan online chat, sosial media hingga berbelanja secara online.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menyebut ada 87 persen masyarakat yang mengakses platform digital secara daily basic atau di setiap waktunya. Bahkan rata-rata lama durasi menggunakan platform digital sekitar 4 jam dalam sehari.

Baca juga: Luhut: Semua Pejabat Harus Belanja Online Saat Sidang Kabinet Paripurna

"Sebelum ada pandemi memang sudah banyak orang yang menggunakan platform digital di kehidupan sehari-harinya tapi semenjak pandemi mewabah di sekitar bulan April itu jumlahnya semakin meningkat, semakin banyak yang mengakses. Artinya apa? Ke depan aktivitas offline to online ini menjadi ekosistem yang tak terpisahkan," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.