Luhut: Semua Pejabat Harus Belanja Online Saat Sidang Kabinet Paripurna

Kompas.com - 27/06/2020, 09:00 WIB
Menko Maritim dan Investasi, Luhut B Pandjaitan mengadakan Coffee Morning bersama sejumlah awak media nasional dan luar negeri, di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Humas Kemenko Maritim dan InvestasiMenko Maritim dan Investasi, Luhut B Pandjaitan mengadakan Coffee Morning bersama sejumlah awak media nasional dan luar negeri, di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak seluruh pejabat negara melakukan belanja produk dalam negeri melalui aplikasi daring serentak pada awal Juli 2020 mendatang.

Aksi ini merupakan bagian dari kampanye Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) yang diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020.

"Nanti kita mau launching aplikasi pengadaan langsung untuk UMKM, kerja sama LKPP dengan e-commerce, semua pejabat negara harus belanja online pada sidang kabinet paripurna,"  ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (26/6/2020).

Baca juga: Hari Terakhir Lapor Meteran Listrik ke PLN, Simak Caranya

"Ini meningkatkan belanja APBN untuk UMKM dan menunjukkan kampanye dukungan terhadap Gerakan Bangga Buatan Indonesia," sambungnya.

Sejak diluncurkan 14 Mei 2020, Gerakan Bangga Buatan Indonesia dinilai telah menunjukkan hasil. Hingga saat ini kata Luhut, ada setengah juta lebih usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) telah bertransformasi ke ekosistem digital.

"Kami kaget juga, dalam satu bulan sudah 500.000 lebih UMKM baru yang bergabung ke ekosistem digital dan penjualannya naik 2.100 persen," ujarnya.

Luhut mengatakan, pandemi virus corona (Covid-19) telah membuka mata banyak pihak termasuk pemerintah bahwa masih ada peluang yang bisa digali dari sektor UMKM.

Baca juga: Luhut: Memulihkan Ekonomi dan Menyelamatkan Nyawa Bisa Dilakukan Beriringan

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X