Kompas.com - 19/08/2020, 19:41 WIB
Ilustrasi wartawan mewawancarai pejabat ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJAIlustrasi wartawan mewawancarai pejabat

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan masyarakat memiliki peran penting di masa pandemi virus corona (Covid-19), terutama dalam membantu keberlangsungan UMKM.

Bendahara Negara itu mengatakan, masyarakat bisa berkontribusi membantu UMKM dengan membeli produk-produk mereka. Hal tersebut pun bisa dilakukan mulai dari lingkungan terdekat.

"Jangan hanya bergantung kepada pemerintah untuk melakukan peran tersebut. Setiap dari Anda bisa memberikan kontribusi yang signifikan, mulai dari membeli produk-produk UMKM, membeli makanan di warteg dekat rumah anda, atau membeli produk dari orang-orang seperti chef yang sempat bekerja di hotel kemudian dirumahkan," ujar Sri Mulyani dalam sebuah webinar yang diadakan The Jakarta Post, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Serapan Anggaran Covid-19 Rendah, Sri Mulyani: Ini Tak Semudah Menyiram Toilet...

Bendahara Negara itu mengatakan, pemerintah telah menjalankan peran membantu UMKM melalui berbagai stimulus.

Mulai dari bantuan dalam bentuk subsidi bunga, relaksasi pembayaran pokok, hingga hibah sebesar Rp 2,4 juta yang disalurkan untuk 12 juta UMKM.

Selain itu, pemerintah menurutnya juga sudah menggelontorkan anggaran untuk membantu 40 persen penduduk RI yang masuk dalam kategori menengah ke bawah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami melakukan yang terbaik untuk menggelontorkan bantuan baik melalui institusi formal seperti perbankan hingga non formal melalui PMN, Pegadaian, dan koperasi untuk bisa mendistribusikan ke sebanyak mungkin UMKM," ujar dia.

Baca juga: Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi RI Bisa Minus 1,1 Persen pada 2020

Untuk itu, Sri Mulyani pun mengatakan peran masyarakat kelas menengah untuk mendukung perekonomian dari sisi permintaan menjadi penting.

Kelas menengah ke atas bisa berkontribusi terhadap perekonomian dengan melakukan akitivitas seperti bepergian hingga melakukan perjalanan bisnis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kami dari pemerintah akan terus melakukan yang terbaik meski ada halangan seperti persoalan data," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.