Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

U-Shaped Girder Terakhir LRT Jabodebek Telah Terpasang

Kompas.com - 24/08/2020, 14:17 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk telah merampungkan pemasamgan U-Shaped Girder terakhir di proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek fase I. Pemasangan terakhir U-Shaped Girder itu dilakukan di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Selatan pada Senin (24/8/2020) siang.

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson mengatakan, U-Shaped Girder di proyek LRT Jabodebek ini akan mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Kalau di Asia Tenggara nomor 1, kalau di dunia nomor tiga ini 43 Km. Pertama Dubai, kedua Shanghai, kemudian ketiga LRT Jabodebek ini,” ujar Entus, Senin.

Baca juga: Imbas Corona, Penyelesaian LRT Jabodebek Molor

Kendati begitu, Entus menuturkan, masih ada beberapa pekerjaan yang harus diselsaikan pihaknya dalam waktu dekat ini. Misalnya, menyelsaikan pembangunan Stasiun LRT Jabodebek di Cawang dan juga Depo LRT Jabodebek.

“Insyaallah nanti akhir Desember sudah selesai. Kemudian di depo juga harus kita selesaikan fisiknya, mustinya akhir tahun ini juga mudah-mudahan seluruh kebutuhan peralatan bisa sesuai juga waktunya supaya bisa memasangnya sesuai waktunya,” kata Entus.

Entus pun berpesan kepada para jajarannya agar segera menyelesaikan pengerjaan proyek ini. Dia tak ingin pengerjaan proyek LRT Jabodebek ini meleset dari target.

“Ini biar menjadi dorongan bagi kita agar teman-teman bisa membuktikan kita sesuai waktu yang disepakati, jangan sampai mundur lagi,” ucap dia.

Diketahui, proyek LRT Jabodebek tahap I ditargetkan beroperasi penuh pada November 2021. Sementara pada 18 Oktober mendatang, akan dilakukan uji coba teknis untuk rute Cibubur-Cawang.

Ada tiga lintasan dalam proyek LRT Jabodebek tahap I ini. Pertama, lintas pelayanan 1 untuk rute Cawang-Cibubur, lintas pelayanan 2 untuk Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan lintas pelayanan 3 untuk Cawang-Bekasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com