Direstui SKK Migas, Lapangan Paus Biru Akan Produksi Gas 31 MMSCFD

Kompas.com - 24/08/2020, 15:59 WIB
Ilustrasi pipa gas dok PGNIlustrasi pipa gas

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi ( SKK Migas) menyetujui rencana Pengembangan Lapangan atau Plan of Development (POD) Paus Biru di Wilayah Kerja (WK) Sampang, Jawa Timur.

Plt Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Susana Kurniasih, mengatakan berdasarkan POD tersebut, Kontraktor Kontrak Kerja Sama WK Sampang, Medco Energy Sampang akan melakukan investasi sebesar 80 juta dollar AS.

"Investasi akan digunakan untuk melakukan kegiatan pemboran 1 sumur pengembangan, membangun wellhead platform, membangun subsea pipeline, dan memodifikasi fasilitas eksisting WHP Oyong dan offshore production facilities (OPF) Grati," tuturnya, di keterangan tertulis, Senin (24/8/2020).

Baca juga: Turun, Harga Gas untuk Industri Keramik dan Baja di Jawa Timur

Lebih lanjut, Susana menjelaskan, nantinya cairan atau fluida dari sumur akan dialirkan dari WHP di Lapangan Paus Biru ke eksisting WHP di Lapangan Oyong melalui pipa bawah laut.

Selanjutnya fluida dialirkan melalui pipa bawah laut eksisting menuju ke OPF Grati eksisting untuk dipisahkan fasa cair dan gas.

"Air yang ikut terpoduksi akan diolah sesuai baku mutu sebelum dialirkan ke laut, sedangkan gas yang telah sesuai spesifikasi akan dijual ke para pembeli," ujarnya.

Dari kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan Lapangan Paus Biru dapat memulai kegiatan produksi pada 2022, dengan volume gas sekitar 31 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Berdasarkan analisa keteknikan, produksi tersebut dapat dipertahankan hingga batas akhir kontrak kerja sama yaitu di tahun 2027.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X