5 Keistimewaan YIA yang Dibanggakan Jokowi Jadi Bandara Terbaik di RI

Kompas.com - 29/08/2020, 14:11 WIB
Presiden Joko Widodo bersama rombongan meninggalkan Yogyakarta International Airport (YIA) usai meresmikan YIA di Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (28/8/2020). Proyek pembangunan YIA yang berdiri di atas tanah seluas 600 hektare dan memiliki hanggar seluas 371.125 meter persegi serta memiliki landasan pacu sepanjang 3.250 meter itu telah 100 persen selesai. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj. Andreas Fitri AtmokoPresiden Joko Widodo bersama rombongan meninggalkan Yogyakarta International Airport (YIA) usai meresmikan YIA di Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (28/8/2020). Proyek pembangunan YIA yang berdiri di atas tanah seluas 600 hektare dan memiliki hanggar seluas 371.125 meter persegi serta memiliki landasan pacu sepanjang 3.250 meter itu telah 100 persen selesai. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengatakan pengerjaan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) merupakan yang terbaik di Indonesia untuk saat ini.

"Saya terima kasih kepada PP dan AP I yang tadi saya lihat pengerjaannya, menurut saya yang terbaik saat ini di Indonesia, nggak tahu, kalau ada bandara baru lebih baik lagi nggak tahu," kata Jokowi saat peresmian YIA seperti dikutip dari Antara, Sabtu (29/8/2020).

Bandara YIA merupakan bandara yang dibangun untuk menggantikan Bandara Adi Sutjipto yang kini hanya diperuntukkan untuk pesawat militer. Pengerjaan Bandara Internasional Yogyakarta sangat cepat hanya menghabiskan waktu 20 bulan.

Untuk pembangunan Bandara YIA dibutuhkan pembebasan lahan menghabiskan Rp 4,2 triliun, konstruksi baik terminal maupun runway Rp 7,1 triliun yang artinya totalnya Rp 11,3 triliun.

Baca juga: Bandara YIA Diyakini Bisa Ikut Tarik Wisatawan Datang ke Yogyakarta

Lalu apa saja keistimewaan Bandara YIA yang dibanggakan Jokowi tersebut?

1. Dirancang tahan gempa dan tsunami

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Bandara YIA yang baru didesain memiliki daya tahan terhadap gempa hingga 8,8 skala Richter dan bisa menahan gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter.

“Kepala BMKG menyampaikan kepada saya, Ibu Dwikorita, juga bisa menahan gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter, insyaallah ini sudah dirancang untuk kesana semuanya,” ujar Jokowi seperti dikutip dari laman Setkab, Sabtu (29/8/2020).

2. Runway sangat panjang

Bandara baru ini memiliki panjang lintasan runway 3.250 meter, atau lebih panjang dibandingkan bandara lama Adisutjipto Yogyakarta yang hanya 2.200 meter. Bandara baru ini dapat didarati pesawat-pesawat besar seperti Airbus A330 atau Boeing 777.

Halaman:


Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X