Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT PP Selesaikan Proyek Bandara YIA Kulon Progo

Kompas.com - 16/08/2020, 19:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PP (Persero) Tbk menyelesaikan pembangunan proyek Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari sisi pembangunan airside, pelaksanaan pembangunan tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 8 bulan.

Selain itu, landas pacu alias runway bandara tersebut dapat menampung pesawat terberat, yaitu Boeing 777 dengan kapasitas penuh dan pesawat terbesar, yaitu Airbus A380.

Baca juga: AP I Sediakan Galeri untuk Tampung 600 UMKM di Bandara YIA

Novel Arsyad, Direktur Utama PT PP dalam keterangan tertulis, Minggu (16/8/2020) menyatakan, kapasitas ultimate runway dapat mencapai lebih besar dari 40 pergerakan pesawat per jam. Sedangkan dari sisi landside, kapasitas terminal di YIA mampu melayani 20 juta penumpang per tahun.

YIA merupakan satu-satunya bandara di Indonesia yang memiliki Lantai Basement sebagai akses service karyawan dan tenant. Adapun bandara ini telah beroperasi penuh pada akhir Maret 2020.

Proyek yang memiliki nilai kontrak Rp 6,98 triliun ini menyelesaikan Zona Airside tercepat dan bandara dengan pemakaian beton terbanyak.

Pembangunan bandara baru ini dikerjakan dengan lingkup pekerjaan mencakup, antara lain aksesibilitas, landside dan airside.

Baca juga: AP I: Besok Bandara YIA Beroperasi, 135 Penerbangan Bakal Beroperasi

Arsitektur Bandara YIA didesain dengan konsep kearifan lokal dan terdapat pekerjaan Art Work, di mana dalam desain tersebut melibatkan 46 Yogyakarta.

Selain itu, dalam desain arsitektur tersebut juga terdapat pencerminan lima desa yang tanahnya terkena pembangunan bandara dalam yang divisualisasikan dalam bentuk Art Work.

"Dari sisi konstruksi perencanaan desain struktur dimana mampu menahan gempa dengan kekuatan 8,8 magnitudo dan menerapkan parameter gempa yang baru sebagai antisipasi tsunami dan likuifaksi,” ujar Novel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com