60 Persen Pelaku UMKM Disebut Belum Melek Digital

Kompas.com - 09/09/2020, 07:30 WIB
Ilustrasi UMKM shutterstock.comIlustrasi UMKM

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Direktur Asosiasi Perempuan Pengusaha Usaha Kecil (Asppuk) Mohammad Firdaus menyebut, ada 60 persen pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang belum melek digital atau masih memasarkan produknya secara tradisional.

Menurut dia, rata-rata pelaku UMKM yang belum transisi ke pemasaran digital ini merupakan orang berusia lebih dari 40 tahun.

"Salah satu kendala adalah mereka belum melek digital, karena usianya di atas 40 tahun," katanya dalam webinar virtual, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Mau Investasi Saham? Ini Saran BEI

Angka 60 persen pelaku UMKM belum melek digital tersebut, lanjut Firdaus, kebanyakan adalah wanita. Hal inilah yang menjadi tantangan dirinya untuk mengubah para pelaku UMKM wanita tersebut bertransformasi memasarkan produknya ke digital.

"Kalau kita lihat jumlah UMKM perempuan di usia itu banyak juga, tapi memang karena menggunakan strategi pendampingan tadi. Kami yakinkan mereka, kami libatkan anak-anaknya membantu mereka," ujarnya.

Oleh sebab itu, Asppuk menggandeng Tokopedia untuk memberikan pendampingan terhadap pelaku UMKM wanita.

Di Tokopedia kata dia, pelaku UMKM akan diajarkan bagaimana cara pengemasan dan cara memasarkan secara online. 

Ke depan, Aspuk ingin mengajak 60 persen UMKM yang belum bergabung dengan penjualan online bertransisi memasarkan produknya lewat internet.

"Kami percaya setiap individu, baik perempuan maupun difabel, punya kesempatan yang sama dalam memulai dan mengembangkan usaha. Asppuk sangat mengapresiasi kolaborasi dengan Tokopedia dan Coca Cola. Program pemberdayaan ini dapat membuka jalan para pegiat UMKM untuk bertahan di tengah situasi pandemi," ujarnya.

Baca juga: Lowongan Kerja di Anak Usaha BUMN untuk Lulusan S1, Ini Syaratnya



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X