Punya Pekerjaan Tetap dan Usaha Sampingan? Ini Cara Menyeimbangkannya

Kompas.com - 20/09/2020, 16:07 WIB
Ilustrasi kerja sampingan, usaha sampingan. SHUTTERSTOCK/BeeboysIlustrasi kerja sampingan, usaha sampingan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini banyak pegawai yang tidak hanya memiliki pekerjaan tetap, namun juga usaha sampingan. Misalnya saja, usaha kuliner, jasa titip (jastip), hingga toko online.

Melakoni dua pekerjaan tersebut seringkali menemui tantangan. Bagaimana tidak, di satu sisi, pekerjaan utama begitu menyita waktu dan pikiran, namun usaha sampingan juga perlu dijalankan.

Nah, jangan panik bila ada di situasi semacam itu.

Baca juga: Mau Buka Usaha Sampingan dari Rumah? Biar Laris, Lakukan 5 Hal Ini

Dikutip dari Popsugar, Minggu (20/9/2020), berikut cara menyeimbangkan antara pekerjaan tetap dan usaha sampingan.

1. Cari usaha sampingan yang mudah dijalankan

Usaha sampingan memungkinkan kamu untuk memiliki penghasilan tambahan. Ini tentu hal baik, apalagi jika biaya hidupmu tinggi atau kamu dalam situasi pengeluaran cukup besar.

Kunci untuk mengelola pekerjaan tetap dan usaha sampingan bukan cuma mencari keseimbangan, tapi juga memastikan usaha sampingan berjalan dengan mulus.

Untuk menemukan usaha sampingan apa yang cocok untukmu, buatlah daftar keterampilan dan minatmu. Jika kamu senang menulis, carilah platform yang menerima kontributor atau penulis lepas.

Baca juga: Gaji Pas-pasan? Coba Buka Usaha Sampingan Ini

Apabila kamu senang berbisnis, carilah usaha sampingan yang tidak menyita waktu serta tidak mengganggu pekerjaan tetapmu.

Apapun minat dan keterampilan kamu, usaha sampingan semestinya harus mudah dilakukan dan tidak dipaksakan. Usaha sampingan haruslah aktivitas yang kamu senangi dan tidak menjadi beban.

2. Atur dan optimalkan waktu dengan baik

Jika kamu adalah pegawai yang memiliki pekerjaan tetap di sebuah perusahaan dan tidak memiliki banyak waktu luang, maka sebaiknya alokasikan waktu setuap minggunya untuk menjalankan usaha sampingan.

Waktu tersebut bisa sebelum atau setelah kerja, maupun di akhir pekan. Gunakan waktu yang menurutmu tepat ini untuk benar-benar menjalankan usaha sampingan.

Halaman:


Sumber Popsugar
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X