Ditutup Melemah, Rupiah ke Kisaran Rp 14.800 Per Dollar AS

Kompas.com - 23/09/2020, 16:16 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot melemah pada Rabu (23/9/2020).

Mengutip data Bloomberg rupiah sore ini ditutup melemah 30 poin atau 0,2 persen pada level Rp 14.815 per dollar AS.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, rupiah tertekan sentimen rancangan amandemen UU Bank Indonesia (BI) yang diajukan DPR. Dalam RUU tersebut, strategi BI nantinya bisa diintervensi untuk membantu mendanai defisit anggaran. Hal ini dianggap janggal sehingga perlu dipertanyakan oleh investor asing.

“RUU tersebut masih dalam tahap awal dan pembahasan di banggar DPR serta rancangan ini bisa memakan waktu berbulan-bulan sehingga berdampak negatif terhadap pasar apalagi masalah ini muncul di mana Indonesia akan terkena dampak resesi walaupun sebagian besar negara-negara juga sudah mengalami resesi,” kata Ibrahim.

Baca juga: Intip Kurs Rupiah di 5 Bank

Namun negara-negara seperti AS dan Uni Eropa walaupun krisisnya terlalu parah tetapi tidak serta merta merevisi Undang-undang Perbankannya, sehingga pasar mempertanyakan keabsahan RUU BI.

Sementara itu, beberapa politisi mengatakan bahwa langkah dalam RUU untuk menjamin akan membantu membeli hutang pemerintah dalam keadaan darurat adalah mungkin. Ditambah lagi ramalan Menteri Keuangan terkait Indonesia akan resesi membuat investor berpikir ulang untuk berinvestasi di Indonesia, terutama investasi Surat Utang Negara, Obligasi dan Valas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai Informasi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan ramalan yang mengerikan terjadi di kuartal III-2020. Dia bilang, setelah sebelumnya pertumbuhan ekonomi diproyeksikan - 1,1 persen hingga (positif) 0,2 persen, kini proyeksi tersebut direvisi menjadi - 2,9 persen sampai - 1,0 persen.

Baca juga: FinCen Files Dorong Rupiah Ditutup Melemah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.