Lewat Program Ini, Pengendara Motor Bisa Dapat Penghasilan Tambahan

Kompas.com - 23/09/2020, 15:07 WIB
Ilustrasi pengendara motor SHUTTERSTOCKIlustrasi pengendara motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan aplikasi GrosirOne bersama PT Rukun Mitra Sejati, perusahaan distributor FMCG di Jawa Timur, meluncurkan Boom Motorist.

Ini adalah program untuk memberdayakan pengendara sepeda motor dengan menjadi reseller sehingga bisa menambah pendapatan sehari-hari mereka.

Pengendara sepeda motor setiap harinya akan mengambil barang dari gudang yang telah ditentukan, membayar barang di muka, mengirimkannya, menjualnya ke toko-toko kecil atau menjual langsung ke pelanggan.

Baca juga: Catat, Cara Mantap Dapatkan Penghasilan Tambahan dari Bisnis Makanan Rumahan

Saat ini terdapat 3.200 pengendara motor yang telah mengikuti program Boom Motorist.

Salah satu keuntungan mengikuti program ini adalah para pengendara motor akan mendapatkan keuntungan dari margin penjualan harian harinya. Anggota Boom Motorist setiap harinya akan mengirimkan atau menjual barang senilai Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

Pendiri GrosirOne Erben Noerman mengatakan, filosofi GrosirOne adalah bagaimana menciptakan efisiensi dalam value chain melalui teknologi yang bekerja dengan fintech.

"Dan yang terpenting, kami berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan masalah dalam rantai tanpa ‘membeli’ pasarnya," kata Erben dalam keterangan tertulis, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Catat, Ini 4 Pekerjaan bagi Pensiunan untuk Raup Penghasilan Tambahan

Reseller sepeda motor membantu toko konvensional dengan mendistribusikan produk ke toko yang sulit dijangkau dan terpencil, di mana sebelumnya distributor konvensional sering kali merasa harus mengeluarkan biaya lebih untuk itu.

Bagi pemilik toko di daerah terpencil, membeli dari reseller bersepeda motor adalah pilihan yang jauh lebih efisien daripada mengorbankan biaya lebih dengan pergi sendiri ke gudang terdekat untuk membeli barang persediaan.

Aktivitas ini terkadang membuat mereka harus terpaksa menutup toko untuk setengah hari karena mereka tidak mempunyai SDM lain untuk menjaga toko.

Program ini pun telah diperluas hingga ke Jawa Tengah dengan 300 reseller bersepeda motor.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X