Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Program Ini, Pengendara Motor Bisa Dapat Penghasilan Tambahan

Kompas.com - 23/09/2020, 15:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan aplikasi GrosirOne bersama PT Rukun Mitra Sejati, perusahaan distributor FMCG di Jawa Timur, meluncurkan Boom Motorist.

Ini adalah program untuk memberdayakan pengendara sepeda motor dengan menjadi reseller sehingga bisa menambah pendapatan sehari-hari mereka.

Pengendara sepeda motor setiap harinya akan mengambil barang dari gudang yang telah ditentukan, membayar barang di muka, mengirimkannya, menjualnya ke toko-toko kecil atau menjual langsung ke pelanggan.

Baca juga: Catat, Cara Mantap Dapatkan Penghasilan Tambahan dari Bisnis Makanan Rumahan

Saat ini terdapat 3.200 pengendara motor yang telah mengikuti program Boom Motorist.

Salah satu keuntungan mengikuti program ini adalah para pengendara motor akan mendapatkan keuntungan dari margin penjualan harian harinya. Anggota Boom Motorist setiap harinya akan mengirimkan atau menjual barang senilai Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

Pendiri GrosirOne Erben Noerman mengatakan, filosofi GrosirOne adalah bagaimana menciptakan efisiensi dalam value chain melalui teknologi yang bekerja dengan fintech.

"Dan yang terpenting, kami berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan masalah dalam rantai tanpa ‘membeli’ pasarnya," kata Erben dalam keterangan tertulis, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Catat, Ini 4 Pekerjaan bagi Pensiunan untuk Raup Penghasilan Tambahan

Reseller sepeda motor membantu toko konvensional dengan mendistribusikan produk ke toko yang sulit dijangkau dan terpencil, di mana sebelumnya distributor konvensional sering kali merasa harus mengeluarkan biaya lebih untuk itu.

Bagi pemilik toko di daerah terpencil, membeli dari reseller bersepeda motor adalah pilihan yang jauh lebih efisien daripada mengorbankan biaya lebih dengan pergi sendiri ke gudang terdekat untuk membeli barang persediaan.

Aktivitas ini terkadang membuat mereka harus terpaksa menutup toko untuk setengah hari karena mereka tidak mempunyai SDM lain untuk menjaga toko.

Program ini pun telah diperluas hingga ke Jawa Tengah dengan 300 reseller bersepeda motor.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com