Kompas.com - 23/09/2020, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa tak kenal dengan Anies Baswedan. Namanya mulai dikenal publik ketika menjadi Rektor Universitas Paramadina periode 2007-2015. Saat itu, Anies tercatat jadi rektor termuda di Indonesia dengan usia saat itu 38 tahun (profil Anies Baswedan).

Saat menjabat rektor sekaligus dosen itu pula, dia sukses menggulirkan program Indonesia Mengajar. Sebuah gerakan inspirasi kaum muda mengajar di pelosok-pelosok daerah terpencil di Indonesia.

Pria bernama lengkap Anies Rasyid Baswedan ini memang lahir dari keluarga akademisi. Ayahnya, Rasyid Baswedan, merupakan Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), sedangkan ibunya Aliyah adalah Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dari garis ayahnya, Anies juga merupakan cucu dari pejuang nasional Abdurrahman Baswedan. 

Jebolan FE UGM ini sempat berkuliah S2 ke luar negeri di University of Maryland. Sementara S3 dia tamatkan di Northern Illinois University. Dua kampus terakhirnya tersebut sama-sama berada di Amerika Serikat (AS). Selepas pulang ke Indonesia, Anies sibuk menjadi dosen pengajar. 

Baca juga: Mengintip Harta Kekayaan Ibas dan Sepak Terjangnya sebagai Politikus


Anies adalah sosok yang kental sebagai akademis. Karier politik Anies justru dimulai saat Pilpres 2014 ketika dia secara tegas mendukung paslon Jokowi-JK. Bahkan, dirinya sempat masuk timses sebagai juru bicara paslon tersebut.

Setelah kemenangan Jokowi, Anies diberi jabatan sebagai Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikbud) dalam Kabinet Kerja 2014-2019, mewakili menteri dari kalangan profesional mengingat latar belakangnya sebagai rektor dan inisiator gerakan mengajar.

Namun, di tengah jalan, Anies terpental dari kabinet karena terkena reshuffle pada Juli 2016. Tak disangka, beberapa waktu kemudian dia malah diminta Ketum Gerindra Prabowo Subianto maju dalam Pilgub DKI Jakarta tahun 2017 yang didampingi pengusaha nasional Sandiaga Uno.

Hasilnya, Anies-Sandi berhasil mengalahkan petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di putaran kedua Pilgub DKI, pilkada paling menyedot perhatian publik Indonesia. Anies dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2017.

Baca juga: Jadi Juragan Tanah di Solo, Ini Deretan Properti Milik Presiden Jokowi

Sempat mencicipi posisi Mendikbud hingga kini terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta, berapa harta kekayaan Anies Baswedan (profil Anies Baswedan)?

Anies terakhir kali melaporkan harta kekayaannya di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada periode akhir 2019.

Halaman:
Sumber LHKPN


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.