Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Dibuka Melemah, Tembus Rp 14.904 Per Dollar AS

Kompas.com - 25/09/2020, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang ditransaksikan di pasar spot pagi ini, kembali melemah.

Melansir Bloomberg, pukul 09.16 WIB rupiah dibuka pada level Rp 14.904 per dollar AS. Rupiah melemah 14 poin atau 0,09 persen dibanding penutupan sebelumnya, yakni Rp 14.890 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, meskipun melemah pada pembukaan pasar spot, rupiah masih berpeluang bergerak menguat akhir pekan ini.

Baca juga: IHSG Anjlok Lagi, Rupiah Ikut Melemah

Ariston bilang, sentimen penguatan dollar AS mulai pudar setelah investor kembali masuk ke bursa saham AS. Hal ini berhasil mendorong kenaikan indeks saham AS semalam.

“Pagi ini indeks saham Asia juga terlihat bergerak menguat mengikuti sentimen tersebut. Hal ini bisa membantu penguatan nilai tukar regional termasuk rupiah terhadap dollar AS,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Sementara itu, Partai Demokrat AS bersiap mengajukan proposal stimulus sebesar 2,4 triliun dollar AS untuk dinegosiasikan dengan dengan partai Republik.

Paket stimulus fiskal kedua AS ini sangat ditunggu pasar dan menjadi berita positif karena banyak ekonom mengatakan pemulihan ekonomi AS akan terganggu bila tidak ada stimulus lagi karena kondisi pandemi masih berlangsung.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.750 per dollar AS sampai dengan Rp 14.900 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com