Bank Syariah BUMN Segera Merger, Total Aset Bakal Tembus Rp 245 Triliun

Kompas.com - 13/10/2020, 05:06 WIB
Doc. Bank BRI Syariah Kiki SafitriDoc. Bank BRI Syariah

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick THohir untuk menggabungkan bank syariah dan unit syariah yang ada di bawah bank Himbara semakin nyata.

Erick menargetkan penggabungan beberapa bank syariah pelat merah itu terwujud di awal 2021.

Menurut dia, penggabungan bank-bank syariah itu dilakukan agar memberi banyak pilihan bagi masyarakat dalam mencari pendanaan.

Setelah bergabung kira-kira berapa aset total bank syariah hasil merger tersebut?

Baca juga: Erick Thohir Mau Gabungkan Bank Syariah, Ini Respon Bos BSM

Saat ini terdapat tiga bank syariah anak usaha bank BUMN dan satu masih berupa unit usaha syariah (UUS).

Per Juni 2020, keempatnya memiliki total aset sebesar Rp 245,87 triliun. Jika merger berhasil dilakukan maka akan tercipta satu bank syariah besar di tanah air.

Aset terbesar dimiliki PT Bank Syariah Mandiri dengan total aset sebesar Rp 114,4 triliun pada Juni 2020 atau meningkat 13,26 persen dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy).

Baca juga: Sekarang Sudah Waktunya Bank-bank Syariah Merger...

Kemudian disusul dengan BNI Syariah dengan aset Rp 50,78 triliun atau tumbuh 17,8 persen yoy dan BRI Syariah tumbuh 34,7 persen yoy sebesar Rp 49,6 triliun.

Adapun aset UUS BTN Rp 31,09 triliun atau tumbuh 6,5 persen yoy.

Adapun Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah Wahyu Avianto, seperti dikutip dari Kontan.co.id masih enggan memberikan update rencana merger tersebu.

"Belum ada info yang bisa saya sampaikan," ujarnya. (Dina Mirayanti Hutauruk)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Segera merger, total aset bank syariah dan UUS BUMN mencapai Rp 245,8 triliun



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X