Mungkinkan Tarif Ojek Online Naik di Tengah Pandemi?

Kompas.com - 14/10/2020, 19:29 WIB
Pengemudi ojek online dengan penumpangnya di Stasiun Tanah abang, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan pengemudi ojek online beroperasi untuk mengangkut penumpang selama PSBB transisi dengan menerapkan protokol kesehatan. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengemudi ojek online dengan penumpangnya di Stasiun Tanah abang, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan pengemudi ojek online beroperasi untuk mengangkut penumpang selama PSBB transisi dengan menerapkan protokol kesehatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tarif ojek online (ojol) tidak lagi mengalami penyesuaian sejak adanya kenaikan pada Maret lalu.

Padahal, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019, tarif ojol bisa dievaluasi setiap tiga bulan.

Lantas, apakah mungkin tarif ojol mengalami kenaikan di tengah kondisi pandemi Covid-19?
Baca juga: Tarif Ojek Online Jabodetabek Resmi Naik, Ini Respons Masyarakat

Direktur Angkutan Jalan dan Multimoda Kementerian Perhubungan Ahmad Yani mengakui, sudah ada beberapa pihak yang mengusulkan agar tarif ojol disesuaikan.

Ia pun tidak menutup kemungkinan tarif ojol mengalami kenaikan dari yang saat ini berlaku.

Namun, menurutnya dengan masih merebaknya Covid-19, bukan lah momen yang tepat untuk menaikan tarif ojol. Pasalnya, saat ini daya beli masyarakat tengah mengalami penurunan akibat pandemi.

"Kondisi lagi turun, tarif dinaikkan lagi, nanti dampaknya, berdampak lebih parah lagi. Ini Hitung-hitungannya kami nunggu momen yang pas," katanya dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: Resmi Naik, Tarif Ojek Online Jabodetabek Paling Mahal

Lebih lanjut, Yani pun memastikan, pihaknya siap menampung masukan dari berbagai pihak, tidak terkecuali para pengemudi ojol.

"Kami selalu berdiskusi dengan teman-teman komunitas," ujarnya.

Dengan melihat masukan dari banyak pihak, Yani pun tidak menutup kemungkinan tarif ojol akan dinaikan pasca Covid-19 mereda.

"Mungkin kalau kondisi Covid sudah lebih baik lagi bisa kita naikkan (tarif)," ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X