KILAS

Kartu Tani Punya Banyak Manfaat, Distribusinya di Sukabumi Sudah 90 Persen

Kompas.com - 19/10/2020, 17:17 WIB
Ilustrasi kartu tani Dok. Humas Kementan PSPIlustrasi kartu tani


KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, program Kartu Tani memiliki banyak manfaat.

“Salah satu manfaat Kartu Tani adalah membantu proses distribusi pupuk subsidi agar lebih tepat sasaran,” tutur Mentan SYL dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (19/10/2020).

SYL menuturkan, program yang diluncurkan pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) itu telah didistribusikan ke berbagai daerah, salah satunya Sukabumi, Jawa Barat.

Menurut SYL, distribusi Kartu Tani di Sukabumi sendiri sudah mencapai 90 persen, atau hanya tersisa 10 persen yang belum menerima.

Baca juga: Lewat Kartu Tani, Kementan Yakin Distribusi Pupuk Subsidi Tepat Sasaran

Hal tersebut juga diamini Kepala Dinas Ketahan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Andri Setiawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Andri menuturkan, Kartu Tani tersebut juga sudah disosialisasikan kepada masyarakat, Rabu (1/07/2020) lalu bertepatan dengan Hari Bhayangkara.

“Ternyata, banyak petani yang berlomba – lomba ingin membuat Kartu Tani karena manfaatnya sangat dirasakan oleh petani,” jelasnya.

Menurut Andri, salah satu manfaat Kartu Tani bagi petani adalah bisa mendapatkan pupuk bersubsidi dengan harga yang murah.

Baca juga: Dapat Kartu Tani, 7.000 Petani di Batu Memperoleh Pupuk Bersubsidi

Sementara itu, Direktur Jendral (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan, Kartu Tani ditargetkan efektif mulai 2021.

Menurut Edhy, hal itu dikarenakan pada 2020 ini, Indonesia sedang tengah masuk dalam masa transisi.

Ia pun berharap, pada masa ini, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) bisa memenuhi semua sarana pendukung kartu tani seperti mesin Electronic Data Capture (EDC).

"Dengan begitu, saat kartu tani sudah diterapkan, tidak ada lagi kendala di lapangan,” paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.