Sempat Anjlok, Pendapatan Puma Membaik di Kuartal III 2020

Kompas.com - 31/10/2020, 11:30 WIB
Sepatu Puma RS-X3. KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTOSepatu Puma RS-X3.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di kuartal pertama dan kuartal kedua 2020, pendapatan perusahaan pakaian olahraga Puma anjlok secara drastis akibat pandemi Covid-19.

Bahkan, CEO Puma Bjorn Gulden sempat mengatakan kondisi pandemi dirasa terlalu berat bagi perusahaannya.

"Kuartal tersulit yang pernah saya alami di industri ini," ucap Gulden, seperti dikutip dari Hypebeast, Sabtu (31/10/2020). 

Baca juga: Buka Jasa Cuci Sepatu di Kos-kosan, Raka Raup Laba Jutaan Rupiah

Seiring waktu, penjualan dan keuntungan brand pakaian olahraga Jerman ini meningkat pesat pada kuartal ketiga.

Ini merupakan sinyal positif, tetapi perusahaan belum berada di kondisi yang aman.

Secara keseluruhan, penjualan tumbuh sebesar 13 persen yang disesuaikan dengan mata uang, pemulihan yang kuat di kawasan Amerika dan Eropa, Timur Tengah dan Afrika.

Bisnis e-commerce dan grosir juga melonjak dengan penyesuaian mata uang masing-masing sebesar 60,9 persen dan 12,3 persen.

Baca juga: Bisnis Sepatu Kulit Bakal Terus Mulus, Ini Alasannya

Puma mampu meningkatkan hasil operasinya atau laba sebelum bunga dan pajak dibandingkan tahun lalu dengan keuntungan 146 juta euro atau sekitar Rp 2,5 miliar.

Keuntungan itu didapat dari usaha pemasaran yang lebih sedikit, namun lebih efisien, serta langkah mengendalikan biaya tambahan pada kuartal pertama dan kedua.

"Kuartal ketiga berkembang jauh lebih baik dari yang saya harapkan. Toko ritel kembali dibuka, acara olahraga dilanjutkan, kepercayaan konsumen meningkat dan penjualan kami meningkat setiap minggunya," ucap Gulden.

Dia juga menyebut, performa yang kuat menegaskan kekuatan Puma sebagai merek dan industri alat olahraga secara umum.

Halaman:


Sumber Hypebeast
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X