Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 103 Orang Lolos Seleksi CPNS LIPI 2019

Kompas.com - 02/11/2020, 12:03 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menerima 103 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari 170 formasi yang tersedia pada tahun anggaran 2019. Formasi CPNS tersebut untuk fungsional peneliti dan non peneliti.

Pengumuman CPNS LIPI 2019 ini telah dilakukan melalui website resmi https://cpns.lipi.go.id/ pada Jumat, 30 Oktober 2020.

Tahun ini sebanyak 51 CPNS mengisi lowongan untuk formasi peneliti yakni sebagai CPNS Peneliti Ahli Muda melalui jalur diaspora, jalur umum, dan jalur disabilitas yang seluruhnya memiliki kualifikasi strata 3 (S3).

Sementara 52 CPNS dari formasi non peneliti yang akan ditempatkan pada satuan kerja di lingkungan LIPI.

Baca juga: Sri Mulyani Minta PLN Gunakan PMN untuk Pengembangan Energi Terbarukan

“Sejauh ini hanya LIPI yang mewajibkan CPNS memiliki kualifikasi S3 untuk peneliti (SDM Iptek), selain S1 untuk SDM Manajemen Iptek,” ujar Kepala LIPI Laksana Tri Handoko dalam keterangan tertulis, Senin (2/11/2020).

Ia menjelaskan, sejak tahun 2018, LIPI membuka jalur diaspora dalam mekanisme perekrutan CPNS. Adapun pada seleksi CPNS LIPI 2019, formasi fungsional peneliti dari jalur diaspora lebih banyak diterima dibandingkan rekrutmen tahun sebelumnya.

Menurut Handoko, hal ini menunjukkan komitmen LIPI untuk merekrut diaspora peneliti agar berkarya di Tanah Air. Lantaran, pemberdayaan diaspora Indonesia, terutama diaspora peneliti untuk bekerja bagi Indonesia, memang dirasa masih belum maksimal.

"Untuk itu, LIPI secara aktif mencari dan merekrut diaspora-diaspora peneliti untuk keunggulan kompetitif terhadap SDM aparatur. CPNS LIPI 2019 ini nantinya akan berada di garda terdepan transformasi birokrasi nasional," katanya.

Ia menjelaskan, bagi CPNS yang telah mencapai jenjang S3 akan didorong untuk memiliki pengalaman pasca-doktoral. Sedangkan bagi yang baru masuk LIPI dengan pendidikan S1, terbuka lebar peluangnya untuk mengambil pasca-sarjana maupun program magang di dalam dan luar negeri.

"Kesempatan ini terbuka tidak hanya untuk SDM Iptek, tetapi juga SDM Manajemen Iptek," ujar Handoko.

Baca juga: Mendag Yakin Indonesia Punya Peluang Jadi Pusat Produsen Halal Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com