Tol Semarang-Demak Seksi II Ditargetkan Rampung Pada Maret 2022

Kompas.com - 02/11/2020, 14:34 WIB
Progres Tol Semarang-Demak, Selasa (11/82020). Kementerian PUPRProgres Tol Semarang-Demak, Selasa (11/82020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ditargetkan rampung pada 2022 mendatang.

Hingga Oktober 2020, progres pembangunan proyek tersebut telah mencapai sekitar 21 persen.

“Perseroan dalam hal ini berperan selaku kontraktor pelaksana dan pemilik proyek optimistis pelaksanaan pembangunan jalan tol Semarang-Demak dapat berjalan lancar dan selesai dengan waktu yang ditargetkan,” ujar Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk Novel Arsyad dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/11/2020).

Baca juga: Progres Pembangunan Tol Cibitung-Cilincing Capai 78 Persen

Proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ini memiliki lintasan sepanjang 16,3 kilometer yang dimulai dari Kecamatan Sayung.

Proyek ini dilaksanakan dalam kurun waktu 27 bulan kalender sejak Desember 2019 dan ditargetkan akan selesai pada bulan Maret 2022. Adapun nilai kontraknya sebesar Rp 3,78 triliun .

Menurut Novel, tol Semarang-Demak ini akan memiliki banyak manfaat positif bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di Pulau Jawa.

Tol ini akan memudahkan mobilisasi antar wilayah dan meningkatkan efisiensi industri di wilayah Jawa Tengah. 

Dengan adanya akses transportasi yang baik akan membuat industri semakin efisien. Selain itu, kehadiran jalan tol ini akan mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan yang berada di kawasan Pantai Utara.

Baca juga: 9 Jalan Tol Diusulkan ke Jokowi Jadi Proyek Strategis Nasional

Dalam proyek ini, PT PP membentuk perusahaan patungan yang diberi bernama PT PP Semarang Demak.

Selain PT PP, perusahaan itu juga dimiliki oleh PT Misi Mulia Metrical (MMM) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Adapun persentase kepemilikan saham pada saat pendirian dalam perusahaan tersebut, yaitu PT PP sebesar 65 persen, WIKA sebesar 25 persen, dan MMM sebesar 10 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X