Pensiunan PNS Mau Buka Toko Sembako? Bank Mantap Kasih Modal hingga Rp 500 Juta

Kompas.com - 05/11/2020, 14:00 WIB
Direktur Utama Bank Mantap, Josephus K. Triprakoso Foto: Anggara Wikan PrasetyaDirektur Utama Bank Mantap, Josephus K. Triprakoso

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri Taspen (Mantap) bakal menyalurkan modal usaha dengan maksimal plafon Rp 500 juta kepada para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri untuk membuka toko sembako dan kebutuhan sehari-hari.

Dalam hal ini, Bank Mantap bekerja sama dengan Toko Mandiri Indogrosir (TMI).

Nantinya pemberian tenor bisa disesuaikan hingga para pensiunan berusia 75 tahun.

Jika para pensiunan dapat menabung sebesar Rp 180 juta dengan deposit selama 60 bulan, Bank Mantap memberikan paket gratis dan benefit untuk modal toko tersebut.

"Ini penting untuk memberikan alternatif jenis usaha bagi para pensiunan, di sisi lain Bank Mantap memberikan kemudahan baik dari sisi modal dan pelatihan," kata Direktur Utama Bank Mantap Josephus K. Triprakoso dalam siaran pers, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: Genjot Penyaluran Kredit, Bank Mantap Terbitkan Obligasi Rp 1 Triliun

Chief Finance Officer (CFO) Bank Mantap Fajar Ari Setiawan menambahkan, dalam kerja sama dengan Indogrosir, Bank Mantap menawarkan dua paket, yaitu Paket Silver dan Paket Gold. 

Paket Silver menawarkan 500 item dagangan senilai Rp 22 juta dan perangkat/peralatan toko dengan luas toko 3x4 meter persegi.

Sedangkan untuk Paket Gold, para nasabah mendapatkan 700 item dagangan dengan luas toko 3x5 meter persegi serta peralatan-peralatan penunjang toko.

Nantinya pada tahun 2021, Bank Mantap menargetkan ada 50 pensiunan yang dapat berwirausaha toko ini dengan memanfaatkan jaringan Indogrosir.

"Jaringan Indogrosir ada di 25 hub Indogrosir yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Harapannya dapat memudahkan akses para pensiunan yang ini membuka toko ini diwilayah tersebut," tutup Fajar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X