Pamer Produk Inovasi Berbasis AI, BPPT Selenggarakan Artificial Intelligence Summit 2020

Kompas.com - 08/11/2020, 17:10 WIB
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI) Dok. SHUTTERSTOCK/TZIDO SUNIlustrasi Artificial Intelligence (AI)

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menggelar Indonesia Artificial Intelligence Summit 2020 yang diselenggarakan mulai dari tanggal 10-13 November 2020.

Acara ini selenggarakan sebagai ajang untuk menunjukkan kemampuan Indonesia dalam mengembangkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memperoleh informasi perkembangan global teknologi kecerdasan artifisial dan pemanfaatannya yang terkini di dunia, untuk memperoleh peta kekuatan pemanfaatan teknologi kecerdasan dan untuk menyosialisasikan dokumen Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial 2020-2045.

Perhelatan AIS ini akan dilaksanakan dalam sebuah pameran virtual, webinar series, dan poster session.

Poster session yang dihadirkan, merupakan karya-karya anak bangsa untuk membuktikan talenta kecerdasan artifisial di Indonesia sudah sangat banyak dan bisa dibanggakan.

Baca juga: Pangkas Jurnalis, Microsoft "Pekerjakan" AI

Sedangkan virtual expo  dihadirkan untuk memberikan experience yang berbeda dan unik, karena ini pertama kalinya virtual expo menyajikan teknologi Virtual Reality dengan penampilan avatar visitor. Dengan demikian, meskipun secara online namun pengunjung bisa merasakan pameran yang sesungguhnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu para visitor akan disuguhi booth berisi tenant yg dijaga oleh avatar orang yang berpakaian adat dari seluruh Indonesia yang bisa langsung diajak berkomunikasi via chat. Pastinya banyak Hal positive dan pengalaman baru untuk visitor.

Penyelenggara berharap pelaksanaan IIAIS 2020 dapat menjadi media kolaborasi berbagai komponen bangsa untuk mengembangkan dan memanfaatkan secara bersama-sama teknologi kecerdasan artifisial dalam mewujudkan visi Indonesia 2045.

Berdasarkan informasi database, telah tercatat Registrasi Visitor pada tanggal 7 November 2020 sebanyak 6.218 Visitors.

Adapun peserta Virtual expo IIAIS 2020 yang terdiri dari Quadruple Helix yaitu Pemerintahan, Perguruan tinggi, Industri, Start-Up dan berbagai asosiasi lainnya. Untuk bisa lebih mengenal lebih dekat tentang teknologi kecerdasan artifisial ataupun tentang acara ini, masyarakat bisa berpartisipasi melalui laman https://ais-2020.id .



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X