Wamenkeu: Tahun Depan Belanja IT dari APBN Bakal Tinggi

Kompas.com - 09/11/2020, 18:31 WIB
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Jakarta, Senin (9/3/2020). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAWakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Jakarta, Senin (9/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan, pada tahun 2021, pemerintah akan menganggarkan pembangunan infrastruktur teknologi digital di berbagai macam kementerian.

Untuk pembangunan teknologi tersebut menurut dia, membutuhkan anggaran yang besar.

"Tahun depan akan ada belanja untuk IT dari APBN yang cukup tinggi dan tersebar di berbagai macam kementerian," kata Suahasil dalam diskusi publik virtual, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Sri Mulyani: Total Pengajuan Pinjaman Daerah 2021 Capai Rp 27,27 Triliun

Menurut dia, pembangunan infrastruktur teknologi digital tidak hanya di Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo), tetapi juga di kementerian lain.

Termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Bahkan juga support untuk sektor pendidikan untuk bisa mengakses yang namanya bantuan internet pendidikan," ucap Suahasil.

Meskipun peralihan ke transformasi digital akan berdampak minimnya sosialitas, tetapi sangat mempengaruhi perekonomian Indonesia.

Terlebih di masa krisis dan kondisi pandemi Covid-19.

"Jadi bukan hanya kita mendorong fintech, tapi yang kita dorong adalah transformasi digital dari perekonomian Indonesia. Ini menjadi sangat penting, transformasi digital ini. Meskipun kita jadi less society," kata Suahasil.

"Tetapi kita perlu keluar dari kondisi krisis ekonomi saat ini, dari krisis pandemi Covid-19. Bukan hanya survive keluar, tapi kita harus mentransformasi perekonomian kita menjadi lebih digital. Karena transformasi digital is a must," lanjut dia.

Suahasil menambahkan, transformasi digital bukan lagi pilihan, tetapi suatu keharusan. Terlebih pada sektor keuangan.

Baca juga: Uang Winda Earl Sudah Lama Raib, Apa yang Dilakukan Maybank Selama Ini?

"Ini bukan pilihan lagi. Kalaupun kita nanti bisa menyelesaikan pandemi ini maka transformasi digital harus menjadi bagian dari Indonesia masa depan. Tentu salah satunya adalah di sektor keuangan," katanya.

Namun yang paling penting, lanjut Suahasil, adalah transformasi digital bisa membuat setiap orang bisa ikut serta dan mendapatkan akses dalam kegiatan perekonomian yang makin lama makin digital.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X