Sri Mulyani Sebut 3 Hal Ini Harus Dipelajari dari Pahlawan, Apa Saja?

Kompas.com - 10/11/2020, 14:35 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika memberikan keterangan kepada media melalui video conference di Jakarta, Selasa (24/3/2020). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika memberikan keterangan kepada media melalui video conference di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan ada tiga hal dari pahlawan yang perlu diteladani dan dicontoh masyarakat di dalam kehidupan sehari-hari.

Pertama, pahlawan lahir karena mereka berani menghadapi cobaan dan persoalan yang mengancam bangsa dan cita-cita negara.

"Pahlawan adalah mereka yang terus berjuang baik pada awal kemerdekaan untuk melahirkan republik ini, mempertahankan dan terus berjuang untuk mencapai cita-citanya," ujar Sri Mulyani ketika memberikan sambutan dalam upacara dalam rangka peringatan Hari Pahlawan secara virtual, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Tiga Bulan Terakhir, Pertamina Serap Produk UMKM Binaan Senilai Rp 3,5 Miliar

"Di setiap episode dalam sejarah Republik Indonesia selalu hadir tantangan, cobaan, dan di situlah kita akan melihat pahlawan-pahlawan yang dilahirkan," ujar dia.

Hal kedua yang perlu diteladani adalah perjuangan para pahlawan untuk menghadapi tantangan dan cobaan tersebut.

Menurut dia, dalam perjuangan tersebut kerap kali seseorang perlu untuk melakukan pengorbanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dan di situlah akhir sikap kepahlawanan apakah Anda akan berjuang dengan seluruh darah, air mata, jiwa, dan raga, seluruh pemukiran Anda untuk kemajuan bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia," ujar Sri Mulyani.

"Seluruh proses untuk mencapai cita-cita memerlukan perjuangan," lanjut dia.

Hal ketiga yakni sikap berani yang dimiliki oleh pahlawan. Sri Mulyani mencontohkan bagaimana Bung Tomo membakar semangat kepada para rekan-rekannya di Surabaya yang berjuang mempertahankan kemerdekaan.

Bung Tomo tidak kala itu berani dan tidak memiliki rasa kekhawatiran terhadap keselamatan diri sendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.