Kompas.com - 17/11/2020, 18:51 WIB
Ilustrasi spbu Pertamina (dok. Pertamina) Ilustrasi spbu Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi Angkutan Darat (Organda) buka suara terkait rencana penghapusan BBM jenis Premium.

Organda yang menaungi angkutan umum atau angkot dan juga taksi, mengaku tidak menentang rencana pemerintah tersebut.

"Prinsipnya kalau memang premium mau dihapuskan silahkan saja," kata Ketua Bidang Angkutan Penumpang Organda Kurnia Lesani Adnan kepada Kompas.com, Selasa (17/11/2020).

Baca juga: Wakil Ketua Komisi VII DPR Dukung Rencana Penghapusan Premium, tetapi...

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Sani itu mengingatkan, apabila ada penghapusan Premium, maka dipastikan ada kenaikan biaya operasional.

Sani menilai, seharusnya ada penyesuaian tarif terhadap BBM jenis lainnya, dalam hal ini Pertalite, yang merupakan bensin dengan nomor oktan tepat di ata Premium.

"Namun mungkin akan ada implikasi terhadap masyarakat sebagai pengguna," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karenanya, Sani meminta kepada pemerintah untuk hadir membantu menekan biaya operasional angkutan umum.

"Mungkin pemerintah sulit untuk memberikan subsidi terhadap ongkos namun pemerintah bisa memberikan subsidi dari hal lain sprti pembebasan PKB dan biaya kir," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan KLHK MR Karliansyah, mengatakan, dirinya pada Senin (9/11/2020) lalu baru saja bertemu dengan Direktur Operasi Pertamina dan mengatakan per 1 Januari 2021 Pertamina bakal menghilangkan Premium di Jawa, Madura, dan Bali.

"Syukur alhamdulillah Senin lalu saya bertemu Direktur Operasi Pertamina. Beliau menyampaikan per 1 Januari 2021, Premium di Jamali khususnya akan dihilangkan. Kemudian menyusul kota-kota lainnya di Indonesia," ujar Karliansyah dalam sebuah diskusi virtual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.