Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salip Bill Gates, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

Kompas.com - 24/11/2020, 10:42 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

Sumber Fortune

NEW YORK, KOMPAS.com - Pundi-pundi kekayaan CEO Tesla, Elon Musk, terus melejit seiring dengan keberlanjutan penguatan saham produsen mobil listrik itu.

Bahkan, Elon kini telah menyalip Founder Microsoft, Bill Gates, dari posisi orang terkaya kedua sedunia.

Dikutip dari Fortune, Selasa (24/11/2020), kekayaan pria berusia 49 tahun itu meroket 7,2 miliar dollar AS menjadi 127,9 miliar dollar atau setara Rp 1.803 triliun (asumsi kurs Rp 14.100 per dollar AS).

Baca juga: Salip Mark Zuckerberg, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Ke-4 Dunia

Jika dilihat dari awal tahun 2020, pundi-pundi kekayaan Elon telah bertambah sekitar 100,3 miliar dollar AS hingga saat ini.

Hal tersebut tidak terlepas dari terus menguatnya harga saham Tesla, yang saat ini valuasi pasarnya sudah hampir mendekati 500 miliar dollar AS.

Diketahui, hampir sekitar 75 persen sumber kekayaan Elon berasal dari kepemilikan saham produsen mobil dengan valuasi tertinggi di dunia itu.

Pencapaian Elon tersebut mengakibatkan Bill Gates harus kembali terdepak dari dua peringkat tertinggi orang terkaya dunia dalam kurun waktu 8 tahun terakhir.

Sebagaimana diketahui, Bill berhasil menempati posisi orang terkaya dunia selama bertahun-tahun, sebelum akhirnya terdepak oleh Founder Amazon, Jeff Bezos.

Pundi-pundi kekayaan Bill yang saat ini mencapai 127,7 miliar dollar AS, seharusnya bisa lebih tinggi dibanding Elon, apabila dirinya tidak melakukan donasi secara berkala selama beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Harga Emas Antam Turun Rp 16.000

Sejak tahun 2006, Bill telah mendonasikan lebih dari 27 miliar dollar AS ke yayasan atas nama dirinya sendiri.

Sebagai informasi, dengan kekayaan yang dimiliki Elon saat ini, dirinya hanya kalah oleh Jeff Bezos, dengan kekayaan yang juga terus meroket mencapai 182 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Fortune
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com