Gara-gara Rambut Susah Diatur, Akhirnya Mulai Bisnis Pomade Buatan Sendiri

Kompas.com - 25/11/2020, 21:22 WIB
Dalam sebulan, setidaknya Dio memproduksi sebanyak lima lusin pomade. Adapun pomade buatannya terdiri dari variannya oil base dan water base. Dok Rizky Oktodio PranataDalam sebulan, setidaknya Dio memproduksi sebanyak lima lusin pomade. Adapun pomade buatannya terdiri dari variannya oil base dan water base.

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan, bisnis pomade jadi tren seiring kebutuhan pria untuk menunjang penampilan rambutnya.

Tren yang lebih dulu muncul sebenarnya  barbershop. Pomade datang belakangan sebagai salah satu produk yang dipakai untuk styling rambut. 

Awalnya, pomade hanyalah bagian dari pendukung styling rambut lelaki yang biasa digunakan di barbershop. Karena peminatnya banyak, akhirnya pomade dijual khusus. Maka dari itu, hampir tiap barbershop punya etalase yang isinya pomade.

Harganya bervariasi tergantung asal pabrikan. Pomade produksi impor biasanya dihargai lebih mahal.

Namun kini, etalase barbershop di Indonesia lebih banyak diisi oleh pomade produksi lokal yang harganya lebih terjangkau. 

Melihat peluang itu, banyak anak muda yang kemudian mencicipi bisnis ini. Salah satunya, Rizky Oktodio Pranata.

Dio, begitu ia biasa disapa mempelajari produksi pomade secara otodidak. Berbekal kreativitas, ia pun mencoba untuk menjadikannya bisnis rumahan. 

Baca juga: Meningkatkan Skill Wirausaha Makanan Rumahan

Perjalanan Dio berbisnis sebetulnya tidak dilakukan dengan sengaja. Ia mengaku memang membutuhkan pomade untuk rambutnya yang sulit diatur. Sayangnya, pomade yang ada di pasaran kerap tak cocok dengan rambut miliknya.

“Setelah coba beberapa produk pomade tetapi enggak cocok, akhirnya, muncul ide untuk bikin pomade sendiri," kata Dio kepada Kompas.com saat dihubungi melalui sambungan telepon, beberapa waktu lalu.

Sejak saat itu, Dio belajar meracik pomade dari berbagai akun Youtube. Mulai dari menentukan takaran yang tepat, jenis bahan baku, hingga proses pembuatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X