Janet Yellen Ditunjuk Bidden Jadi Menkeu AS, Sri Mulyani: Welcome to the Club

Kompas.com - 26/11/2020, 16:52 WIB
Janet Yellen www.businessinsider.comJanet Yellen

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Bidden memilih mantan Gubernur The Fed Janet Yellen sebagai kandidat Menteri Keuangan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun mengaku gembira atas penunjukan Yellen yang bakal menjadi Menteri Keuangan perempuan pertama di Negeri Paman Sam.

Menurut Sri Mulyani, penunjukkan Yellen sebagai Menteri Keuangan merupakan rekam historis baru di AS.

Baca juga: Apindo: 6 Juta Pekerja Dirumahkan akibat Covid-19

"Saya menyambut gembira penunjukan Janet Yellen menjadi US Treasury Secretary. The first women ever as Treasury Sec. Welcome to the club," ujar Sri Mulyani kepada Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

"Yellen was also the first US Federal Reserve chair. Historical appointment," ujar dia.

Menurut Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, Yellen memiliki pengalaman dan reputasi yang kredibel.

Sri Mulyani mengatakan, Yellen akan mampu merumuskan kebijakan-kebijakan yang tepat.

Harapannya, hal itu bakal membangun kepercayaan pasar dan memulihkan perekonomian Amerika Serikat setelah mengalami tekanan berat akibat covid19.

"Indonesia siap bekerjasama untuk mempererat kerja sama bilateral Indonesia-Amerika Serikat, maupun dalam wadah/forum G20 dan dalam kerangka memperkuat lembaga multilateral," ujar dia.

Untuk diketahui, keputusan penunjukan Yellen oleh Bidden didasarkan lantaran Yellen merupakan pembuat kebijakan berpengalaman yang dihormati Kongres, seorang pejabat keuangan internasional, dan sebagai salah satu pihak yang menyerukan untuk membuat keran pengeluaran fiskal mendorong pemulihan ekonomi.

Baca juga: IHSG Menguat 1,4 Persen, Rupiah Bangkit ke Level Rp 14.100 per Dollar AS

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X