Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Harga Bitcoin Bisa Cetak Rekor Tertinggi

Kompas.com - 04/12/2020, 20:33 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai mata uang kripto (cryptocurrency) Bitcoin sempat menyentuh angka lebih dari Rp 270 juta per kepingnya. Angka ini menyentuh harga tertingginya sepanjang sejarah.

Secara keseluruhan, kenaikan harga Bitcoin di sepanjang tahun 2020 ini sebesar 170 persen. Pada awal 2020 Bitcoin dijual sekitar Rp 99 juta.

Sempat anjlok karena dampak Covid-19 hingga Rp 65 juta pada Maret 2020, harga Bitcoin naik lagi secara perlahan hingga akhirnya bisa menembus level tertinggi.

Baca juga: Menaker: Jangan Pernah Meremehkan Covid-19

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, lompatnya harga Bitcoin hingga hampir menyentuh angka tertinggi disebabkan karena tingginya permintaan. Saat ini, sudah banyak masyarakat global paham Bitcoin sebagai aset investasi pelindung di tengah krisis pandemi.

“Orang-orang memahami bahwa Bitcoin adalah aset safe haven. Selain itu, banyak orang-orang yang menganggap bahwa Bitcoin hadir sebagai aset baru yang mampu sebagai nilai lindung inflasi,” ujar Oscar dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/12/2020).

Oscar menjelaskan ada beberapa faktor yang mendukung kenaikan nilai Bitcoin. Misalnya dari platform PayPal yang sejak Oktober 2020 lalu telah mengizinkan penggunanya membeli dan menjual Bitcoin.

Selain itu, sejumlah investor institusional besar yang menyatakan minat untuk membeli Bitcoin. Guggenheim Partners, sebuah perusahaan Wall Street juga mengumumkan telah berinvestasi senilai 530 juta Dollar AS di Bitcoin.

Baca juga: Produk Ekspor RI yang Dilepas Jokowi, Ada Cerutu hingga Cengkeh

Selain itu kata dia, faktor yang membuat harga Bitcoin naik adalah tingkat kekhawatiran investor melihat upaya bank sentral menangani Covid-19 akan memicu inflasi. Emas dan logam mulia biasanya digunakan untuk melindungi nilai dari risiko tersebut.

“Inilah yang membuat tren permintaan secara terus menerus. Permintaannya meningkat, harganya juga meningkat,” kata dia.

Dia pun optimistis harga Bitcoin akan terus menguat dan bisa mencapai level tertinggi, yaitu 20.000 Dollar AS atau Rp 282 juta. Hal ini sesuai prediksi yang ditulis Bloomberg.

Baca juga: Libur Panjang Akhir Tahun Batal, ini Prediksi Puncak Arus Mudik Natal dan Tahun Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com