Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2020, 18:55 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, ekonomi digital tidak serta merta berbicara soal aspek pemasaran semata.

Namun lebih dari itu yang menjadi salah satu elemen pilar dari ekonomi digital adalah teknologi finansial (tekfin).

"Tekfin di antaranya meliputi akses-akses pembiayaan yang mudah dan murah. Oleh karena itu, inklusivitas ekonomi menjadi salah satu fitur penting untuk memberikan kemudahan bagi UMKM dalam mengakses pembiayaan," ujarnya mengutip siaran resminya, Jumat (4/12/2020).

Baca juga: Minta UMKM Percepat Adopsi Digital, Menteri Teten: Jangan Sampai Pasar Kita Diambil Luar

Apalagi saat ini sebut Teten, setidaknya ada 23 juta pelaku UMKM yang belum mendapatkan akses pembiayaan perbankan. Hadirnya tekfin membantu para UMKM untuk mengakses pembiayaan terutama untuk modal kerja.

Menurut dia, transaksi di industri tekfin cukup besar, yakni mencapai Rp 128,7 triliun. Jumlah itu akumulasi pembagian pinjaman pada September 2020 melalui 29,2 juta akun peminjam, lalu untuk Equity crowfunding (ECF) menjadi format pendanaan yang cukup diminati.

"Setidaknya, ada Rp 8,16 miliar disediakan penyelenggara ECF berizin kepada UMKM di 2019. Peningkatan semua unsur dalam Tekfin menunjukkan peningkatan literasi keuangan masyarakat, khususnya UMKM dalam mengakses pembiayaan serta transaksi keuangan," ucapnya.

Sementara, dari sisi tingkat literasi keuangan digital Indonesia baru mencapai 35,5 persen. "Tekfin pendanaan terus menyediakan akses pendanaan bagi UMKM dan konsumen individual. Jumlah total penyaluran pinjaman terus meningkat," jelas Teten.

Bagi Teten, implementasi transformasi ekonomi digital bagi UMKM merupakan kunci persiapan UMKM masa depan Indonesia yang tidak hanya relevan dengan perkembangan zaman, namun juga memiliki daya saing tinggi baik di level nasional maupun global.

Oleh sebab itu, untuk mencapai target tersebut, Teten meminta dilakukannya sinergitas dengan seluruh stakeholder terkait, baik itu pelaku Tekfin hingga pemerintah.

"Selain memperkuat program, juga dapat mengembangkan dan mematangkan model bisnis pembiayaan yang mudah, murah dan inklusif, khususnya untuk UMKM," pungkas Teten.

Baca juga: Menkop Teten Minta Transformasi Digital Koperasi Harus Dipercepat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com