Panjang Umur, Ini 4 Sosok Konglomerat RI Berusia Lebih dari 90 Tahun

Kompas.com - 13/12/2020, 08:15 WIB
Daftar orang terkaya di Indonesia ForbesDaftar orang terkaya di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Majalah Forbes baru saja merilis daftar 50 orang terkaya Indonesia. Tak banyak yang berubah dalam posisi teratas deretan miliader Tanah Air karena masih didominasi wajah-wajah lama.

Perhitungan kekayaan bersih didasarkan pada komposisi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan perorangan, bursa saham, analis, dan sumber-sumber lainnya.

Jumlah kekayaan juga memperhitungkan kepemilikan saham yang dimiliki di berbagai perusahaan. Peringkat tersebut mencantumkan kekayaan individu dan keluarga, termasuk yang dibagi di antara kerabat.

Dari peringkat 50 orang WNI dengan kepemilikan besaran kekayaan tertinggi itu, terselip 4 nama yang tercatat usianya sudah sepuh yakni di atas 90 tahun. Berikut profil 4 orang terkaya Indonesia berusia lebih dari 90 tahun.

Baca juga: Ini Daftar 15 Orang Terkaya Indonesia 2020, Siapa Saja?

1. Harjo Sutanto (94 tahun)

Nama Harjo Sutanto tercatat menjadi daftar taipan paling panjang umur di Indonesia. Usianya saat ini adalah 94 tahun. Ia lahir pada tahun 1926 atau saat Indonesia masih bernama Hindia Belanda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harjo Sutanto berada di urutan ke-48 orang terkaya di Indonesia. Total kekayaannya tercatat sebesar 530 juta dollar AS atau sekitar Rp 7,5 triliun (kurs Rp 14.100).

Sumber pundi-pundi kekayaannya bermula dari usaha sabun colek. Bersama rekannya Johannes Ferdinand Katuari, Harjo Sutanto mengawali kiprah bisnisnya sebagai sales sabun keliling pada 60 tahun yang lalu. Dia menjual dagangannya dari rumah ke rumah di Jawa Timur.

Mengutip situs resmi Wings Group, saat baru berdiri tahun 1949, Wings Group awalnya bernama Fa Wings. Perusahaan ini memproduksi sabun colek secara rumahan. Distribusinya pun masih terbatas. Dipasarkan dari rumah ke rumah, dan dari kampung ke kampung di Surabaya.

Baca juga: Profil 5 Orang Terkaya Paling Muda dari Indonesia

Wings Group juga aktif berekspansi ke bisnis makanan dan minuman (food and beverage) dengan memproduksi mie instan, saus, minuman bubuk, dan kopi.

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.