Pemerintah Siapkan Aturan Khusus untuk Masyarakat yang Berlibur Saat Natal dan Tahun Baru 2021

Kompas.com - 14/12/2020, 14:14 WIB
Ilustrasi liburan selama pandemi, wajib memakai masker dan patuhi protokol kesehatan Shutterstock/eggeeggIlustrasi liburan selama pandemi, wajib memakai masker dan patuhi protokol kesehatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT ASDP (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, akan ada aturan khusus yang mengatur masyarakat saat menggunakan moda transportasi di saat libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Aturan khusus tersebut terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Hal itu diketahui Ira usai dirinya diundang rapat oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pada Senin (14/12/2020) pagi.

Baca juga: Jumlah Penumpang Kapal Penyeberangan Diprediksi Turun Hampir 40 Persen saat Libur Natal dan Tahun baru 2021

“Jadi nanti terutama yang dari Jakarta dan Bali ada persyaratan khusus. Teman-teman media bisa cari, saya kira dalam waktu sangat dekat akan ada pengumuman dari gugus tugas terkait itu. Jadi ada sesuatu yang khusus selama liburan,” ujar Ira.

Senada dengan Ira, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengakui akan ada pengetatan protokol kesehatan saat libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Hal itu dilakukan demi mencegah munculnya kluster penyebaran Covid-19 karena libur panjang ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sebetulnya arahannya sudah jelas dari pemerintah itu, memang kita akan lebih ketat lagi dibanding sekarang,” kata Budi.

Kendati begitu, Budi belum berani mengungkapkan aturan baru apa yang akan dikeluarkan pemerintah di masa libur Natal dan Tahun Baru 2021 nanti.

Baca juga: Ini Tarif Baru Bus DAMRI Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

“Karena pada prinsipnya kita sekarang harus lebih ketat lagi karena hampir di semua kota ada lebih banyak Covid-19 ini. Pengetatan itu bisa saja dilakukan, mungkin nanti menggunakan apa dan sebagainya. Tapi nunggu besok, karena (pengumuman) ini bukan tanggung jawab saya,” ucap Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.