Kompas.com - 21/12/2020, 21:32 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kredit industri perbankan di Indonesia diproyeksi tumbuh 5 persen pada tahun depan.

Hal ini seiring dengan perkiraan pulihnya perekonomian nasional di 2021.

"Kredit itu, pertumbuhannya akan berhubungan erat dengan pertumbuhan ekonomi, itu jelas," ujar Ekonom Bank Danamon Wisnu Wardana dalam konferensi pers Economic Outlook 2021 secara virtual, Senin (21/12/2020).

Baca juga: BNI Syariah Luncurkan Kartu Kredit Desain Qanun Aceh, Ini Promo yang Ditawarkan

Wisnu mengatakan, kegiatan ekonomi akan kembali bergeliat di 2021 secara bertahap, sehingga penyaluran kredit pun akan meningkat.

Dengan demikian, ekonomi diperkirakan tumbuh mencapai 3,4 persen.

Sementara Dana Pihak Ketiga (DPK) pada tahun depan diperkirakan akan tumbuh 4,6 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga rasio kredit terhadap dana pihak ketiga atau loan to deposit ratio (LDR) perbankan diproyeksi akan naik tipis menjadi sebesar 83,2 persen.

"DPK masih akan sedikit tumbuh karena tahun depan masih ada stimulus dari pemerintah yang akan berjalan, dan di saat yang sama recovery itu akan memunculkan perputaran uang, sehingga deposito akan meningkat tapi enggak terlalu tinggi," jelas Wisnu.

Baca juga: Gaji Rp 3 Jutaan Mau Punya Kartu Kredit? Ini Tips Memilihnya

Terkait kredit bermasalah (non-performing loan/NPL), kata Wisnu, akan mengalami peningkatan tipis seiring dengan langkah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan memperpanjang masa restrukturisasi kredit sampai dengan tahun 2022.

"Dari sisi NPL meskipun ada peningkatan di 2021 tapi enggak akan signifikan, mungkin hanya naik 0,2-0,3 persen dari posisi tahun ini, karena memang programnya kaan selesia di 2022," pungkas Wisnu. 

Adapun untuk tahun 2020 diperkirakan pertumbuhan kredit industri perbankan minus 1,7 persen, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang diproyeksi minus 1,8 persen.

Sementara DPK diperkirakan akan tumbuh 10,9 persen di keseluruhan tahun 2020. Dengan demikian, LDR perbankan diproyeksi bakal sebesar 83 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.