TBIG Bakal Beli 3.000 Menara Telekomunikasi Senilai Rp 3,9 Triliun

Kompas.com - 23/12/2020, 11:58 WIB
Ilustrasi BTS KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi BTS
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk ( TBIG) melalui anak perusahaannya, PT Tower Bersama mengumumkan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Aset Bersyarat dengan PT Inti Bangun Sejahtera Tbk (IBST), untuk pembelian sebanyak-banyaknya 3.000 menara telekomunikasi, dengan nilai transaksi sebesar Rp 3,9 triliun.

Hardi Wijaya Liong CEO TBIG mengatakan, per 30 September 2020, TBIG memiliki 31.703 penyewaan dan 16.215 site telekomunikasi. Site telekomunikasi milik perseroan terdiri dari 16.093 menara telekomunikasi dan 122 jaringan DAS.

Dengan angka total penyewaan pada menara telekomunikasi sebanyak 31.581, maka rasio kolokasi (tenancy ratio) Perseroan menjadi 1,96. Dalam basis proforma, transaksi ini diharapkan mampu meningkatkan EBITDA sekitar 10 persen dan memiliki dampak penambahan langsung.

Baca juga: Trenggono: Soal Benur Kita Evaluasi, Saya Cinta Keberlanjutan

“Kami sangat senang untuk menandatangani perjanjian ini dengan IBST untuk pembelian menara- menara ini. Akuisisi ini melengkapi strategi utama kami yang berfokus pada pertumbuhan organic,” kata Hardi melalui siaran pers, Selasa (22/12/2020).

Hardi menjelaskan, penyelesaian transaksi ini masih membutuhkan berbagai persetujuan termasuk persetujuan pemegang saham dan pemberi pinjaman dari TBIG dan IBST.

Ia berharap transaksi ini dapat dirampungkan menjelang akhir triwulan pertama tahun 2021.

Baca juga: Sri Mulyani: Indonesia Masih Dianggap Berisiko Tinggi dari Sisi Pelanggaran dan Korupsi



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X