Menperin Sebut Toyota Investasi Rp 28 Triliun untuk Garap Kendaraan Listrik di Indonesia

Kompas.com - 28/12/2020, 15:00 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika melakukan rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, di Jakarta, Kamis (27/8/2020). Dokumentasi Humas Kementerian PerindustrianMenteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika melakukan rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, perusahaan produsen otomotif asal Jepang, Toyota Group bakal mengembangkan pabrik kendaraan listrik di Indonesia dengan nilai investasi sebesar Rp 28 triliun.

"Pihak Toyota sudah memberikan komitmen bahwa mereka akan mulai melakukan investasi sampai 3 tahun ke depan sebesar Rp 28 triliun," ujarnya dalam konferensi pers akhir tahun 2020 secara virtual, Senin (28/12/2020).

Agus mengatakan, komitmen investasi tersebut berdasarkan hasil pertemuannya dengan pihak Toyota di Jepang, di mana keduanya mereka sepakat untuk membangun industri kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga: Pemilihan CEO hingga Penambahan Modal, Ini Saran untuk Bank Syariah Indonesia

Berdasarkan kesepakatan tersebut, Toyota akan membangun pabrik dan mengembangkan produk-prduk kendaraan hybrid, plugin hybrid, dan full electric vehicle di Indonesia. Rencananya perusahaan itu akan mulai memproduksi kendaraan listrik pada 2023.

"Saya sendiri sudah melihat secara langsung produk apa saja dari mulai hybrid, plugin hybrid, dan juga full electric vehicle yang akan dikembangkan oleh Toyota," kata dia.

Agus menilai, investasi Toyota ini sangat menjanjikan bagi pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi ini suatu hal yang sangat promising untuk pengembangan kendaraan berbasis baterai atau listrik yang ada di Indonesia," pungkasnya.

Baca juga: KSPI Nilai Reshuffle Kabinet Tidak Beri Dampak Positif bagi Buruh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.