"Endorse" Raffi Ahmad atas Saham MCAS yang Berujung Teguran BEI

Kompas.com - 06/01/2021, 10:48 WIB
Raffi Ahmad bicara soal gurauan Vicky Prasetyo meminta sponsor pernikahan. (Bidikan layar Starpro Indonesia). KOMPAS.com/Revi C Rantung Raffi Ahmad bicara soal gurauan Vicky Prasetyo meminta sponsor pernikahan. (Bidikan layar Starpro Indonesia).

JAKARTA, KOMPAS.com - Profil PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) tengah jadi sorotan publik. Ini setelah dua selebriti kondang, Raffi Ahmad dan Ari Lasso, secara bersamaan memamerkan kepemilikan portofolio di perusahaan teknologi digital tersebut.

Raffi Ahmad contohnya, dalam unggahannya di akun Instagram pribadinya, ia membagikan pengalamannya membeli saham MCAS dan menikmati keuntungan dari kenaikan harga saham emiten tersebut.

“Pertama kalinya gue menginvestasikan tabungan gue di satu perusahaan, namanya MCAS. MCAS ini salah satu perusahaan di bidang teknologi. Coba deh kalian telusuri MCAS. Mantap guys,” kata Raffi Ahmad di akun media sosial miliknya.

“Uang yang gue taruh selama kurang lebih baru 2-3 minggu sudah naik 20 persen menuju 30 persen. Gila, gokil banget guys!” kata dia lagi.

Baca juga: Harga Sahamnya Meroket Usai Dibeli Raffi Ahmad dan Ari Lasso, Ini Profil MCAS

Sehari setelah MCAS dipromosikan dalam unggahan Raffi Ahmad dan Ari Lasso, harga saham MCAS memang langsung melejit.

Mengutip perdagangan saham Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (5/1/2021), saham MCAS ditutup di Rp 4.550, naik 350 poin atau 8,33 persen dalam perdagangan kemarin, sementara hari sebelumnya ditutup di Rp 4.200.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga saham MCAS sempat menyentuh Rp 4.600 pada perdagangan kemarin setelah dibuka di Rp 4.230. Sementara posisi terendah sempat ada di Rp 4.220.

Total nilai transaksi saham MCAS tercatat mencapai Rp 21,18 miliar dengan total volume saham yang ditransaksikan mencapai 4,67 juta lot.

Baca juga: Marak Influencer Saham, BEI Ingatkan Potensi Tuntutan Hukum dari Follower

Ditegur BEI

Setelah ramai di media sosial, BEI bergerak cepat. Otoritas bursa itu meminta penjelasan adanya dugaan endorse saham yang dilakukan MCAS kepada publik figur tersebut.

Dikutip dari Kontan, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo mengatakan, pihaknya mengingatkan para influencer itu akan tanggung jawab moral terhadap para follower.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.